POPULAR STORIES

7 Truk Listrik Dengan Jarak Tempuh Lebih Dari 300 Km

7 Truk Listrik dengan Jarak Tempuh Lebih Dari 300 Km MAN eTruck (Foto: MAN Truck & Bus)

KabarOto.com - Pesatnya perkembangan kendaraan elektrifikasi (EV) membuat berbagai merek otomotif dunia menghadirkan beragam pilihan kendaraan listrik di berbagai segmen, termasuk komersial seperti truk.

Salah satu pertimbangan para calon konsumen, adalah berapa jarak yang bisa ditempuh saat baterai dalam kondisi penuh. Karena itu berkaitan dengan bisnis yang mereka jalankan untuk jasa angkutan barang juga penumpang.

Jarak tempuh menjadi salah satu pertimbangan calon konsumen menggunakan kendaraan listrik. Berikut 7 truk listrik dengan jarak tempuh lebih dari 300 kilometer.

Baca Juga: Butuh Daya Yang Besar, Hino Ungkap Bus Listrik Belum Cocok Untuk Rute AKAP

Volvo FH Electric (±345 KM)

Merek kendaraan niaga asal Swedia, yaitu Volvo Trucks juga memiliki jajaran produk truk bertenaga baterai listrik, salah satunya ialah Volvo FH Electric, diklaim mampu menempuh jarak lebih dari 300 km atau sekitar 345 km.

Kemampuan tersebut hasil dari kombinasi antara 6 paket baterai, dengan total kapasitas 540 kWh dan 3 motor listrik diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 666 dk.

Volvo FH Electric (Foto: Volvo Trucks)

Diketahui, Volvo Trucks dikenal sebagai salah satu pelopor pasar truk listrik di dunia, sejak tahun 2019, Volvo telah memulai produksi seri truk listrik, sebagai salah satu merek truk pertama di dunia yang melakukannya.

Truk listrik yang mMampu mengangkut beban muatan hingga lebih dari 44 ton, dapat mengisi penuh daya baterai dalam waktu kurang dari 2,5 jam, pengisian daya cepat (DC) 250 kW.

Scania 45 R/S Electric (±350 KM)

Masih dari Swedia, Scania juga menjadi salah satu produsen kendaraan niaga, hadir dengan sejumlah truk listrik yang dirancang sesuai kebutuhan konsumen, salah satunya ialah Scania 45 R dan S Electric yang memiliki jarak tempuh lebih dari 350 km.

Kemampuan truk listrik ini, dihasilkan berkat kombinasi antara opsi enam buah paket baterai listrik dengan total kapasitas 624 kWh dan motor listrik, diklaim mampu menghasilkan tenaga kontinu sebesar 560 dk.

Scania 45R Electric (Foto: Scania)

Mampu mengangkut beban muatan hingga 64 ton, truk listrik Scania 45 R dan S Electric ini dapat mengisi penuh daya baterai dalam waktu kurang dari 90 menit, dengan kemampuan sistem pengisian daya gabungan (CCS2) berdaya 357 kW.

Sebagai informasi, tak hanya 45 R dan S Electric, Scania juga memiliki jajaran truk listrik yang cukup lengkap, dihadirkan untuk menyesuaikan kebutuhan para pelanggan, seperti Scania 25P XT Electric yang hadir sebagai truk tipper atau tambang elektrik.

Baca Juga: Hyundai Perkenalkan Kendaraan Niaga Listrik Bernama ST1

DAF XF Electric (±500 KM)

Truk listrik kali ini berasal dari merek kendaran niaga asal Belanda yaitu DAF, memiliki sejumlah line-up truk listrik, salah satunya adalah DAF XF Electric yang memiliki kemampuan jarak tempuh hingga lebih dari 500 km.

DAF XF Electric menawarkan pilihan paket baterai yang bersifat modular, seperti baterai yang memiliki total kapasitas 525 kWh, dipadu dengan motor listrik dari Paccar Electric, diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 480 dk.

DAF XF Electric (Foto: DAF)

Selain itu, truk listrik DAF XF Electric, juga telah dilengkapi dengan fitur yang sempurna untuk pengisian daya baterai cepat (DC). Bahkan, paket baterai dari truk DAF Electric itu dapat diisi dari 0% hingga 80% hanya dalam waktu 45 menit.

Menariknya, truk listrik DAF XF telah mewakili tolak ukur baru di segmen distribusi, berkat fitur keselamatan dan efisiensinya diklaim tak tertandingi, serta kenyamanan pengemudi yang luar biasa, bagi sebuah kendaraan komersial.

Iveco HD BEV (±531 KM)

Merek truk asal Italia yaitu Iveco, telah mengakuisisi beberapa saham dari merek truk Nikola. Kini memiliki produk truk listrik Iveco HD BEV, mampu menempuh jarak hingga lebih dari 500 km atau sekitar 531 km.

Sama dengan truk-truk listrik lainnya, kemampuan jarak tempuh truk listrik Iveco ini berkat perpaduan antara 9 paket baterai berkapasitas total 738 kWh, dan motor listrik E-Axle, dapat menghasilkan tenaga kontinyu sebesar 645 dk.

Iveco HD BEV (Foto: Iveco)

Dengan kemampuan muatan hingga lebih dari 44 ton, truk listrik Iveco HD BEV ini dapat melakukan pengisian daya baterai hingga 80% dalam waktu sekitar 90 menit, menggunakan mode pengisian daya sebesar 350 kW.

Sebelumnya, Iveco telah menjalin kerjasama dengan produsen truk asal Amerika Serikat (AS), yaitu Nikola untuk menciptakan truk listrik tugas berat (heavy duty) yang saat ini telah diambil alih sepenuhnya langsung oleh Iveco.

Baca Juga: Gandeng Gaikindo, Kemenperin Rencanakan Insentif Truk Listrik

Mercedes-Benz eActros 600 (±531 KM)

Truk listrik selanjutnya Mercedes-benz eActros 600, baru saja meluncur pada 10 Oktober 2023 lalu. Banyak yang berspekulasi, bahwa angka ‘600’ merupakan angka dari kemampuan jarak tempuh truk listrik tersebut.

Nyatanya, angka ‘600’ merupakan total kapasitas baterai yang mencapai lebih dari 600 kWh atau sekitar 621 kWh, yang membuat truk listrik ini mampu menempuh jarak lebih dari 500 km, atau tepatnya 531 km tanpa perlu mengisi daya terlebih dahulu.

Mercedes-Benz eActros 600 (Foto: Daimler Truck)

Hadir dalam gaya desain baru, truk listrik eActros 600 mampu mengangkut beban muatan lebih dari 22 ton ini, dirancang dengan menggunakan e-axle bertegangan 800 V dan dua buah motor listrik yang sanggup menghasilkan tenaga kontinu sekitar 815 dk.

Truk buatan Jerman ini, memiliki penambahan transmisi 4-percepatan, khusus digunakan untuk transportasi jarak jauh, memastikan akselerasi yang bertenaga, kenyamanan berkendara yang tinggi, dan dinamika berkendara yang tinggi.

MAN eTruck (±800 KM)

Dari negara yang sama dengan Mercedes-Benz, yaitu Jerman, MAN Truck & Bus juga tak kalah saing dari para produsen truk Eropa lainnya, MAN eTruck mampu menempuh jarak hingga 800 km.

Rencananya mulai dipasarkan pada tahun 2024 ini, namun MAN eTruck sudah membukukan lebih dari 500 pesanan, dari berbagai negara. Diklaim menjadi salah satu truk listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh.

MAN eTruck (Foto: MAN Truck & Bus)

Meski belum diinforamsi spesifikasi secara lengkap dari truk listrik tersebut, MAN telah mengungkapkan bahwa truk listrik heavy duty-nya tersebut, memiliki tenaga sekitar 448 dk dan kompatible dengan pengisian daya berkapasitas 375 kW.

Pada paruh pertama tahun 2024 ini, perusahaan mengungkapkan, MAN eTruck pertama akan segera mulai diproduksi dalam seri kecil, melalui jalur produksi di kantor pusat perusahaan Munich, Jerman.

Baca Juga: Yutong YTK90E, Truk Listrik Untuk Pertambangan

Tesla Semi Truck (±805 KM)

Berdasarkan dari berbagai sumber, truk listrik Tesla Semi masih menjadi truk baterai listrik yang memiliki jarak tempuh terjauh dikelasnya yang tercatat mencapai sekitar lebih dari 805 km hanya dalam sekali pengisian daya baterai.

Catatan jarak tempuh terjauh tersebut didapat usai proses serangkaian uji coba. Truk listrik tersebut menempuh jarak hingga 805 km, dengan membawa beban muatan seberat 36,7 ton. Artinya, jika beban kurang dari 30 ton, Tesla Semi dapat menempuh jarak lebih jauh.

Tesla Semi Truck (Foto: Tesla)

Truk listrik asal Amerika Serikat (AS) tersebut dirancang khusus sebagai truk long-haul atau pengiriman jarak jauh, bekali paket baterai listrik berkapasitas 900 kWh dan 3 motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga sekitar 1.020 dk.

Soal pengisian daya baterainya, truk listrik Tesla Semi ini dapat melakukan pengisian daya hingga 70% hanya 30 menit. Menariknya truk listrik mampu berakselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 20 detik, tanpa menghasilkan emisi.

Berita Terkait

Berita Terkait