9 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik Di Hari Raya Idul Fitri

9 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik di Hari Raya Idul Fitri All New Toyota Kijang Innova di GT Singosari (tim Liputan Mudik KabarOto)

KabarOto.com - Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik jelang hari raya Idul Fitri 1440 H, setidaknya sejumlah persiapan harus Anda lakukan untuk menunjang keamanan serta kenyamanan selama perjalanan mudik. Khususnya persiapan kendaraan untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, serta kondisi fisik yang tentunya dalam kondisi prima.

Untuk Anda yang ingin mudik melalui jalur Tol di seputaran pulau Jawa, tentunya saat ini sudah bisa menikmati fasilitas Tol Trans Jawa yang telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo. Sebelum memutuskan untuk memulai perjalanan, setidaknya Sobat KabarOto harus memperhatikan 8 hal penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan selama perjalanan pulang ke kampung halaman.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Pastikan kondisi kendaraan Anda dalam kondisi terbaik, seperti melakukan pengecekan khususnya kelistrikan dan Air Accu (aki), tekanan angin ban, rem secara menyeluruh, air radiator, lampu-lampu.

2. Kondisi Fisik yang Prima

Kondisi fisik menjadi modal utama Anda sebelum memulai perjalanan mudik, mengingat jika Anda harus melalui tol Trans Jawa dengan jalan yang sangat panjang, tentunya membutuhkan konsentrasi tinggi, karena jarak tempuh Tol Trans Jawa tentunya cukup panjang untuk Anda lalui untuk sampai ke kampung halaman.

Baca juga: Rangkaian Fasilitas Dan Rekayasa Lalin Yang Tersedia Di Ruas Tol Menuju Jawa Timur

Tim Liputan Mudik KabarOto 2019
Tim Liputan Mudik KabarOto 2019 saat berbincang dengan Iptu Riedwan Prevoost

3. Menjaga Kebugaran Fisik

Menjaga kebugaran fisik tentunya hal yang tak kalah penting bagi pengemudi yang melakukan perjalanan jauh. Sebaiknya pengemudi beristirahat minimal dua jam sekali.

Kepada seluruh pengemudi agar selalu istirahat setiap berkendara maksimal empat jam sekali. “Kalau sudah lelah langsung istirahat saja, dan gunakan juga rest area semaksimal mungkin untuk beristirahat. Usai itu bisa melanjutkan perjalanan lagi,” ujar Kanit Lantas Polres Karanganyar, Iptu Riedwan Prevoost SIK.

Selain itu, untuk pemudik diwajibkan juga ada sopir cadangan terutama, bagi bus yang mengangkut pemudik ke luar daerah agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

4. Jangan Gunakan Gadget

Ketika mengemudi, sebaiknya tidak menggunakan gadget selama berkendara. Karena perlu diketahui, faktor tertinggi penyebab kecelakaan adalah bermain gadget dan juga mengantuk ketika berkendara.

5. BBM Cukup

Faktor ini kerap lalai dilakukan pengemudi, karena banyak pengemudi yang menyepelekan kondisi BBM dan menganggap bahan bakar masih cukup. Alangkah baiknya jika sebelum memasuki jalan tol, kondisi bahan bakar dalam kondisi full.

Jalan tol

6. Patuhi rambu dan aturan yang berlaku

Untuk menjamin keselamatan Anda ketika berkendara, jangan lupa untuk selalu mematuhi rambu-rambu dan batas kecepatan maksimal di jalan. Jika berada di jalan tol sebaiknya berkendara di kecepatan maksimal 100 Kpj.

7. Kecukupan saldo e-toll

Di seluruh ruas tol saat ini telah memberlakukan sistem transaksi elektronik atau e-toll. Untuk itu sebaiknya Anda harus selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

Baca juga: Mau Mudik? Cek Kondisi Terkini Persiapan Ruas Tol Trans Jawa

Tips Mengemudi

8. Persiapkan bekal makanan dan minuman

Nah.. yang tak kalah penting adalah Anda harus mempersiapkan bekal makanan dan minuman ketika melakukan perjalanan. Mengingat Anda tidak akan pernah mengetahui kondisi jalan seperti apa yang ditemui nantinya. Setidaknya jika memiliki bekal makanan dan minuman, dapat membantu Anda kenyamanan Anda ketika melakukan perjalanan mudik, terlebih ketika menghadapi kemacetan.

9. Atur rute perjalanan

Untuk menghindari kepadatan yang terjadi selama musim mudik Lebaran, sebaiknya Anda harus mempertimbangkan rute yang akan ditempuh, seperti menggunakan GPS jika diperlukan