POPULAR STORIES

Adira Finance Yakin, Pembiayaan Untuk Kendaraan Listrik Mencapai Rp 100 Miliar

Adira Finance Yakin, Pembiayaan untuk Kendaraan Listrik Mencapai Rp 100 Miliar Mobil listrik Wuling Air ev (Foto: Wuling)

KabarOto.com - Meningkatnya pengguna kendaraan listrik di Indonesia, membuat PT Adira Finanace, perusahaan pembiayaan untuk otomotif menaikkan target pinjaman kepada masyarakat tahun 2023 ini. Mereka optimis bisa memberikan pembiayaan untuk Kendaraan listrik sampai Rp 100 miliar.

Hal itu dikatakan Direktur Portofolio Adira Finance Harry Latief, menurutnya, kondisi saat ini mereka optimistis bisa menyalurkan pembiayaan untuk kendaraan listrik Rp 100 miliar tercapai. Tahun sebelumnya, pembiayaan untuk kendaraan listrik hanya sekitar Rp 80 miliar.

Baca Juga: Mudik Gratis Adira Finance Diikuti 8.675 Peserta, Melintasi 3 Rute Pulau Jawa

“Target internal tetap sama Rp 70 miliar hingga Rp 80 miliar. Tapi jika melihat kondisinya, bisa mencapai Rp 90 miliar hingga Rp 100 miliar,” ujar Harry.

Motor listrik Alva One (Foto: Alva One)

Harry menambahkan, jika dilihat secara pasar saat ini permintaan mulai meningkat. Hal itu didukung diler yang menyediakan stok cukup baik. “Jika tahun lalu, permintaan ada tapi pemenuhan unit-nya belum sebaik saat ini. Tahun ini, demand-nya ada dan supply-nya juga ada,” ucapnya kepada media, belum lama ini.

Sampai awal semester pertama 2023 ini, Adira sudah menyalurkan hampir Rp 20 miliar untuk kendaraan listrik. Dibanding tahun lalu di periode yang sama, peningkatannya cukup baik.

Harry pun menjelaskan, jenis kendaraan listrk yang paling banyak adalah mobil, motor masih kurang. Penjualan mobil listrik lebih dari 2.000 unit, sementara motor listrik 1.000 unit.

Baca Juga: Peran Penting Adira Finance Dalam Kesuksesan IIMS 2023

Dijelaskan juga, dari sisi penggunaan, mobil listrik untuk kebutuhan pribadi, sementara itu, motor listrik lebih banyak untuk korporasi seperti Grab, Gojek atau jasa pengiriman paket. Penyaluran pembiayaan pun menurut dia masih di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.