POPULAR STORIES

Akibat Pandemik Covid-19, Penjualan Motor Tahun 2020 Menurun 44%

Akibat pandemik Covid-19, Penjualan Motor Tahun 2020 Menurun 44% Yamaha Gear diperkenalkan saat Pandemik Covid-19

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 ini membuat semua industri terdampak. Termasuk Industri otomotif roda dua, yang mengalami penurunan penjualan.

Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan sepeda motor periode Januari - November mengalami penurunan 44%. Penjualan hanya mencapai 3.431.379 unit. jauh dari angka yang dicapai pada 2019 lalu di periode yang sama, yaitu 6.065.314 unit.

Ada penurunan sebesar 2.633.935 unit. Dari sekian banyak varian motor, tipe matik masih yang tertinggi, berkontribusi sebanyak 87,2%. kemudian motor sport 7,1% dan underbone sebesar 5,8%.

Baca Juga: Yamaha Gear 125 Tidak Ganggu Penjualan Matik Lain

Matik menjadi motor terlaris selama pandemik Covid-19

AISI juga mencatat, penurunan paling banyak terjadi pada Mei 2020, penjualan hanya 21.851 unit. Sementara, tahun lalu di bulan yang sama penjualan mencapai 598.657 unit. Bulan November 2020 ini mengalami peningkatan sebanyak 237.035 unit.

Johannes Loman Ketua Umum AISI beberapa waktu lalu sudah memprediksi adanya penurunan penjualan nasional. "Karena pandemik ini penurunan penjualan 3,6 sampai 3,9 juta unit," terangnya.

Untuk meningkatkan penjualan di masa Pandemik dan bertahan di tengah ekonomi yang menurun, Agen Pemegang Merek sepeda motor pun memperkenalkan motor-motor baru, untuk disuguhkan kepada masyarakat. Diberi pilihan dengan model dan teknologi baru, untuk menambah koleksinya.

Cara ini pun dinilai jitu, dan berharap penjualan meningkat melalui produk-produk baru mereka. Beberapa APM sepeda motor yang menjual produk barunya untuk meningkatkan penjualan di antaranya,

Piaggio Indonesia memperkenalkan 10 produk terbaru yang dibawa secara utuh dari Italia. Piaggio Medley S, New Vespa S, Vespa SW, Piaggio MP3 500, Vespa Primavera Red, Vespa Sprint Racing 60s, Vespa GTS Racing 60s, Vespa GTV Sei Giorni dan Moti Guzzi V7 III Stone

Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia mengatakan, tahun ini sulit untuk penjualan, namun ini strategi mereka untuk tetap eksis di dunia otomotif Indonesia.

Sementara itu, Yamaha memperkenalkan motor-motor barunya, yaitu MT-07. Yamaha MT-09, Yamaha NMax Connected, Yamaha Aerox Connected dan terakhir Yamaha Gear.

Baca Juga: Upgrade Fitur Baru Di All New Yamaha NMax 155 Standar, Segini Harganya

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation YIMM mengatakan, perkenalan produk baru ini untuk membuktikan bahwa Yamaha tidak pernah berhenti untuk berinovasi, bekerja dan berusaha memenuhi kebutuhan konsumen. "Spirit baru ingin tularkan ke konsumen, yang membutuhkan sepeda motor terbaru," tambahnya.