POPULAR STORIES

Alasan Keamanan, SIM Baru Akan Disisipi Teknologi Khusus

Alasan Keamanan, SIM Baru Akan Disisipi Teknologi Khusus Desain SIM lama akan segera diganti ke tampilan baru dengan sisipan teknologi khusus ynag menunjang keamanan. (Foto: Kabaroto)

Kabaroto.com- Belum lama wacana pergantian warna pada pelat nomor kendaraan akan diganti, kini Korlantas Polri kembali menyampaikan akan mengubah desain SIM (Surat Izin Mengemudi).

Dengan alasan keamanan, Korlantas Polri dalam waktu dekat ini akan mengubah tampilan SIM beserta mekanisme input data.

Dijelaskan Staff ahli Konsultan IT Korlantas Polri Nanang Risma, SIM sekarang telah dilengkapi dengan fitur keamanan, sehingga sulit dimanipulasi oleh pelaku kejahatan.

(Baca Juga: Daftar Harga Pengurusan SIM, BPKB dan STNK Tahun 2017)

"Desain SIM baru nanti dapat melihat data utama pada SIM dipindah melalui chip dan bisa dibuka melalui ponsel melalui aplikasi," jelas Nanang seperti dilansir laman NTMCPolri, Kamis (28/9/2017).

Perubahan SIM ini nantinya akan ditandai dengan peluncuran aplikasi ‘IVENTORY’ kartu SIM.

Aplikasi ini akan ditempatkan pada tingkat pusat dan tiap Polisi daerah agar memudahkan dan mengetahui perhitungan persediaan material SIM secara cepat.

"Kita berencana ingin membuat aplikasi Inventory yang saling terintegrasi dengan Polda dan juga Korlantas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan serta pelayanan kepada masyarakat," ujar Nanang.

Lihat Juga: