All New Toyota Corolla 1.8 Jadi Corolla Paling Kencang Di Indonesia Pada Zamannya

All New Toyota Corolla 1.8 Jadi Corolla Paling Kencang di Indonesia Pada Zamannya

KabarOto.com - Akhir era 90-an, sempat lahir generasi Toyota paling bertenaga. Pecinta otomotif Indonesia kerap menyebutnya 'Corolla 1.8', 'Corolla All New 1.8' yang sebenarnya punya nama resmi All New Toyota Corolla 1.8.

Sayangnya, Corolla berbobot ringan dengan rasio kapasitas mesin yang tergolong besar ini hanya diproduksi selama 4 tahun dari 1999 hingga terakhir 2002.

All New Toyota Corolla 1.8 menggendong mesin berkode 7A-FE. Ini pertama kalinya Toyota membekali Corolla dengan mesin berkapasitas 1.800cc untuk pasar Indonesia.

Mesin tersebut juga dipakai di Toyota Celica LB S/T yang kerap digunakan untuk rally dan pernah dijajal di trek dalam negeri saat gelaran balap Rally of Indonesia.

Tenaganya tercatat di angka 120 dk dengan torsi sebesar 156 Nm. Untuk unitnya, Toyota memasarkan sebanyak 2 tipe di Indonesia yakni tipe XLi dan SEG.

Baca Juga: Profil - All New Toyota Corolla Altis

Tipe XLi dipasarkan tanpa airbag di bagian kemudi. Posisi antena ada di bagian luar pilar A. Pelek mobil ini sudah menggunakan bahan alloy. Selain itu, jok mobil ini dibungkus dengan bahan kulit.

Berbeda dengan tipe XLi, tipe SEG dipasarkan Toyota di Indonesia dengan fitur airbag di bagian kemudi. Posisi antena berada di bagian samping bagasi. Pelek mobil ini juga sudah menggunakan bahan alloy. Untuk jok, mobil ini menggunakan material beludru.

Keduanya juga dilengkapi dengan pilihan 2 tipe transmisi yakni otomatis dan manual 5 percepatan penggerak roda depan (FWD/ Front Wheel Drive). Kecepatan maksimum diklaim mencapai 200 kpj.

Meski tak sempat dipasarkan di Indonesia, mobil ini juga punya nama lain di luar negeri yakni Toyota Conquest/ Levin Seca Ultima (AE112R) Versi paling sangarnya dilengkapi mesin 4A-GE bertenaga 160 dk dengan torsi 162 Nm.