POPULAR STORIES

All New Toyota Prius Diperkenalkan, Tawarkan Dua Pilihan Mesin

All New Toyota Prius Diperkenalkan, Tawarkan Dua Pilihan Mesin Dok : Toyota

KabarOto.com – Toyota baru saja memperkenalkan All-New Prius Parallel Hybrid (HEV) dan Plug-in Hybrid (PHEV). HEV rencananya akan resmi dijual pada musim dingin, dan PHEV musim semi 2023. Prius baru, menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), untuk pengendaraan lebih baik.

All New Prius HEV (atas) dan PHEV (bawah).

Desain terlihat sporty, dan futuristik, headlamp lebih sipit dengan DRL LED seperti huruf C, sementara lampu utamanya menggunakan model proyektor yang tersamarkan, menyatu ke bagian gril. Di bagian bumper, terdapat aksen abu-abu dan hitam glossy, mengelilingi lubang air dam-nya.

Baca Juga : Harga Toyota BZ4X Di Indonesia Lebih Mahal Dari Jepang Dan Thailand, Ini Jawaban TAM

Dari samping terlihat, lekukan bodi lebih dinamis dan agresif. Terdapat detail seperti atap hitam, spion hitam, aksen fender flare, dan pelek ukuran 19 inci finishing dual tone.

Sementara tampak belakang, desain bodinya masih memperlihatkan ciri khas Prius. Namun ada beberapa yang baru, seperti lekukan ducktail, desain lampu stoplamp baru dibuat horizontal, yang sangat panjang, dan background hitam, menambah kesan sporty. Disematkan emblem Prius baru di tengah bagasi, dan aksen hitam di bumper mempermanis tampilannya.

Tersedia total 8 warna bodi, termasuk 2 warna baru yakni solid Ash dan Mustard, dikembangkan untuk menciptakan kesan sporty bersama atap berwarna hitam.

Baca Juga : Toyota Auto Body Gunakan Land Cruiser Bersaing Di Reli Dakar 2023

Desain interior baru dinamakan island architecture, membuat kesan lega, memudahkan dalam mengakses apapun, agar pengendara dapat konsentrasi saat nenyetir. Selain itu, desain ringkas ini memadukan warna sporty hitam dan aksen merah di dasbor dan jahitan jok.

New Prius juga hadir dengan panoramic view moonroof, dapat dibuka penuh untuk menciptakan rasa lega di kabin. Layar spidometer dan infotainment sudah menggunakan model digital full color berbentuk lebar. Walau tidak dijelaskan secara rinci, namun nampaknya Android Auto dan Apple Carplay pun telah jadi fitur standar.

Model PHEV dilengkapi dengan sistem pengisian tenaga surya generasi kedua. Pengisiannya baterainya menggunakan energi matahari, saat mobil terparkir.

HEV dibekali mesin 2.000 cc, dikombinasi dengan Dynamic Force Engine dan baterai lithium-ion, tenaga maksimum mencapai, 223 dk. Sementara versi 2.000 cc hybrid HEV punya output maksimum 193 dk. Dengan tenaga itu, versi PHEV mampu akselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 6,7 detik saja.

Mesin 2.0 HEV (atas) dan 2.0 PHEV (bawah).

Selain itu ada sistem keamanan aktif komplet Toyota Safety Sensse, dan Advanced Park, dengan fungsi jarak jauh. Fitur ini memungkinkan parkir otomatis, agar mudah dan keluar dari tempat parkir dalam berbagai situasi. Sistem tersebut juga bisa dioperasikan dari luar mobil, melalui aplikasi smartphone. Mobil juga dapat masuk dan keluar tempat parkir dari jarak jauh.