POPULAR STORIES

AlphaTauri Bersiap Untuk Musim Mendatang, Laurent Mekies Gantikan Posisi Franz Tost

 AlphaTauri Bersiap untuk Musim Mendatang,  Laurent Mekies Gantikan Posisi Franz Tost Foto: Formula 1

KabarOto.com - Telah diumumkan bahwa Laurent Mekies akan menggantikan Franz Tost sebagai Kepala Tim AlphaTauri, dengan mantan direktur eksekutif FIA F1 Peter Bayer akan menjadi CEO baru untuk tim tersebut.

Laurent Mekies, saat ini menjabat sebagai Asisten Kepala Tim dan Direktur Balap di tim Scuderia Ferrari. Dengan adanya pengumuman tersebut, ia akan pindah dari Scuderia Ferrari kembali ke AlphaTauri, untuk menggantikan Franz Tost.

Tost berusia 67 tahun pada bulan Januari tahun ini, Tost telah menetapkan waktu yang longgar untuk mengakhiri karir F1-nya, yang pertama kali dimulai pada tahun 2000 ketika dia mengikuti Ralf Schumacher ke Williams.

Baca juga: Begini Penjelasan Format Sprint Race Baru Formula 1

Mekies akan mengambil peran di AlphaTauri mulai musim depan

Tost akan meninggalkan perannya pada akhir musim 2023, mengambil peran sebagai konsultan untuk tahun 2024.

Perubahan di AlphaTauri tidak berhenti di situ, dengan Peter Bayer juga masuk sebagai CEO untuk tim di akhir tahun, AlphaTauri siap memanfaatkan pengalaman luas pria asal Austria itu.

Sebuah pernyataan dari AlphaTauri mengatakan, “Ditujukan untuk mengamankan stabilitas jangka panjang dan memastikan kontinuitas, Scuderia AlphaTauri hari ini mengumumkan bahwa senior baru struktur manajemen harus diberlakukan di tim."

Penunjukan Mekies sebagai Kepala Tim membuat Direktur Olahraga Ferrari saat ini kembali ke tim tempat dia meraih banyak kesuksesan. Awalnya dia adalah seorang insinyur balap sebelum bertindak sebagai chief engineer dan kemudian kepala kinerja kendaraan.

Setelah tugas pertamanya, dia kemudian menghabiskan 4 tahun di FIA sebagai Direktur Keselamatan dan Wakil Direktur Balap, sebelum bergabung dengan Scuderia Ferrari pada 2018.

Baca juga: Sayap Belakang Jadi Kunci Kecepatan Red Bull Racing RB19

Franz Tost yang berusia 67 tahun, akan mengambil peran konsultan mulai musim 2024

Ketika Mekies mengambil perannya sebagai Kepala Tim AlphaTauri, dia akan bertanggung jawab atas operasi tim sehari-hari, termasuk operasi teknis, manufaktur, fungsi pendukung dan Tim Balap. Sehubungan dengan peran fokus strategis Peter Bayer, mereka akan membentuk tim kepemimpinan baru dengan "tanggung jawab yang sama".

“Saya ingin berterima kasih kepada Franz atas dedikasinya kepada Scuderia AlphaTauri dan pendahulunya, Scuderia Toro Rosso,” kata Bayer.