POPULAR STORIES

Amerika Serikat Berpeluang Masuk Kalender WRC 2024

Amerika Serikat Berpeluang Masuk Kalender WRC 2024 Dok: WRC Monte Carlo 2023 (foto : WRC)

KabarOto.com – Demonstrasi pertama untuk World Rally Championship (WRC) yang direncanakan berjalan sukses. Amerika Serikat berpeluang masuk ke musim 2024.

Di masa depan, WRC dapat diselenggarakan lagi di Amerika Serikat. Terakhir kali, seri Amerika berlangsung pada 1986 dan 1988 bertajuk Reli Olympus.

Baca Juga : Kombinasi Ban Menjadi Kunci Sukses WRC Portugal 2023

Miki Biasion di WRC Olympus 1988

Tentu, untuk mengembalikan seri di negeri Paman Sam, pihak WRC baru-baru ini menyelesaikan demonstrasi pertama di jalan berkerikil di kawasan Hutan Nasional Cheerokee. Pada demonstrasi tersebut, terdapat start seremonial dengan tujuh mobil.

Mereka menyelesaikan rute sejauh 4,8 km (3 mil) dan satu mobil menyelesaikan rute sejauh 16 km (10 mil). Salah satunya pereli lengendaris, Michele Mouton ikut menjajal rute tersebut. Dirinya cukup puas dan bisa menjadi trek untuk kalendar WRC 2024.

Baca Juga : Usai Kecelakaan Craig Breen, FIA Mendukung WRC Tingkatkan Keselamatan

“Kami mendapat tanggapan yang positif dari pihak berweang setempat. Michele telah melihat trek untuk memahami dari perspektif awal pekerjaan yang perlu dilakukan. Langkah selanjutnya adalah melihat lompatan besar lainnya. Lokasi yang diusulkan adalah tempat para produsen mobil berinvestasi. Pirelli juga memiliki pabrik di wilayah ini, jadi pengujian ini berjalan dengan sukses,” ungkap Andrew Wheatley selaku Direktur Reli FIA.

Setelah demonstrasi pertama sukses, nantinya akan dilakukan demonstrasi kedua pada September mendatang. Setelah itu akan dievaluasi apakah WRC Amerika bisa kembali masuk ke kalender 2024 mendatang.