POPULAR STORIES

Anti Mainstream, Modifikasi Honda Jazz Ini Siap Offroad

Anti Mainstream, Modifikasi Honda Jazz Ini Siap Offroad Sumber : Super Street

KabarOto.com – Honda Jazz atau di bagian negara lain lebih dikenal sebagai Honda Fit, merupakan kompak hatchback yang cukup populer. Bentuknya kompak tidak menyulitkan dibawa kemanapun, desain sporty, serta fun to drive khas Honda menjadikannya lumayan digemari sebagai mobil harian.

Maka tak jarang modifikator ataupun pemilik, memodifikasi mobil ini dengan berbagai macam gaya. Paling populer mungkin aliran street racing, atau stance. Namun rasanya sudah terlalu biasa jika Jazz atau Fit diaplikasikan seperti itu, bagaimana jika gaya mobil offroad?

Mungkin akan terasa janggal, tapi nyatanya hal tersebut dibuktikan oleh Jefferson Palma, pria asal California, Amerika Serikat. Bisa dibilang ini merupakan salah satu Fit atau Jazz pertama dengan konsep modifikasi tersebut.

Baca Juga : Suzuki Karimun Wagon R Special Edition Melantai Di Indonesia Modification Expo 2020?

Untuk eksterior, bisa dilihat bumper asli sudah ditinggalkan, menggunakan bumper besi kustom ala SUV. Lalu agar semakin terang, lampu utama diganti memakai model projektor, lalu ditambahkan lagi LED lampu sorot dari KC HiLITES dan LED bar di roof rack-nya.

Sebagai pelengkap, terdapat air scoop kap mesin. Item wajib offroad adalah snorkel yang dicangkok dari Toyota Land Cruiser dan di kustom agar dapat berfungsi di saat mobil melewati genangan air tinggi. Serta winch Smittybilt mudah dipakai offroad dan keluar dari jebakan lumpur.

Baca Juga : Nissan Z Proto, Kolaborasi Legenda Untuk Masa Depan

Bergeser ke sisi paling menarik, yakni samping. Sebab bisa kita lihat mobil ini sudah menggunakan fender flare, yang seharusnya dipasang ke Jeep Grand Cherokee. Lalu terdapat cross bar dan roof rack pastinya sangat membantu jika barang bawaan kotor atau ukuran besar. Dan berfungsi jadi penyangga tenda juga loh.

Lalu kaki-kaki, bagian ini juga tak kalah menarik, peleknya memakai ukuran 16 inci dari XXR tipe 527 lebar 8,25 inci dan offset 0. Dibalut jenis ban tidak biasa untuk hatchback, dan berukuran super besar yakni Kenda Klever M/T ukuran 225/75 R16, kapan lagi mobil kompak tapi bannya M/T. Uniknya lagi rem dan suspensi dibiarkan standar hanya ditambah lift kit spacer saja.

Melihat bagian belakang, dialokasikan sebagai tempat persediaan bahan bakar cadangan. Lalu untuk bertenggernya ban cadangan full size, sebab dengan ukuran yang besar itu tidak mungkin bisa masuk ke penyimpanan bagasi lagi.

Tidak ada ubahan mesin sama sekali, semua standar bawaan pabrik dengan kapasitas 1.5 liter DOHC, outputnya sekitar 130 dk dan torsi maksimal 154 Nm. Disalurkan ke transmisi sistem CVT berpenggerak roda depan.

Mengintip sisi dalam pun sama, tidak ada ubahan berarti. Hanya disematkan Shift Light gauges demi menunjukkan kondisi mesin. Serta kamera mundur, karena cukup sulit melihat belakang sebab terhalang oleh ban serepnya.