POPULAR STORIES

Aprilia Gunakan Perangkat Aero Rake Seperti Antena Di Belakang Motor, Apa Fungsinya?

Aprilia Gunakan Perangkat Aero Rake Seperti Antena di Belakang Motor, Apa Fungsinya? Miguel Oliveira menggunakan motor Aprilia RS-GP (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Aprilia terlihat menggunakan peranti aerodinamis ekstrem di bagian belakang motor pada sesi tes di Sepang, Malaysia, Selasa (6/2/2024). Di mana, perangkat tersebut mirip dengan antena tv.

Bentuknya yang unik, seperti jaring-jaring kawat yang sebelumnya digunakan pada sesi pengujian mobil Formula 1.

Melansir laman Motorsprint, perangkat baru itu memiliki nama Aero Rake. Sebenarnya, ini bukan hal baru di dunia balap dunia, dan sudah biasa digunakan pada ajang balap F1.

Baca Juga: Alex Rins Bandingkan Motor Suzuki Dan Yamaha Di MotoGP

Perangkat Aero Rake di belakang motor Aprilia

Aero Rake yang digunakan oleh Aprilia RS-GP, karena tim sedang menjalani pengetesan motor. Perangkat tersebut juga tidak mungkin digunakan saat balapan, karena bentuknya yang besar dan berpotensi mengganggu jalannya balapan.

Selain itu, perangkat ini semakin kompleks dengan banyaknya sensor di F1, mencapai lebih dari 500 sensor. Tapi pada Aprilia RS-GP, sensor yang digunakan jumlahnya lebih sedikit. Kabarnya, Aprilia menggunakannya untuk mendeteksi kecepatan dan arah udara.

Baca Juga: Duet Pertamina VR46 Racing Team Tuai Hasil Positif Di Tes Resmi MotoGP Sepang 2024

Dengan penggunaan Aero Rake, Aprilia mencari data tambahan, selain data simulasi yang dikumpulkan. Di mana, salah satu manfaatnya adalah mencari struktur aliran udara dengan posisi yang lebih optimal dan mengurangi efek down force pada area depan.

Sebagai informasi, pada tes hari pertama di Sirkuit Sepang, Miguel Oliveira mencatatkan waktu 1 menit 58,750 detik pada lap ke-23 dari 54 putaran yang dilakukan. Dengan catatan tersebut, Oliveira menempati posisi ke-15, berjarak 0,7 detik dari Jorge Martin yang menjadi pembalap tercepat.