POPULAR STORIES

Aprilia Pasang Fairing Baru Saat Shakedown MotoGP 2023 Di Sepang

Aprilia Pasang Fairing Baru Saat Shakedown MotoGP 2023 di Sepang Aprilia memasang fairing baru untuk RS-GP (MotoGP)

KabarOto.com - Aprilia memasang fairing baru untuk RS-GP yang dikendarai Lorenzo Savadori saat Shakedown MotoGP 2023 di Sepang. Fairing baru itu terinspirasi dari mobil balap milik Ferrari.

Baca Juga : Enea Bastianini Sebut Marc Marquez Bukan Lagi Yang Terbaik Di MotoGP

Saat Shakedown MotoGP di Sepang, terlihat dua ventilasi udara di setiap sisi fairing Aprilia RS-GP 2023. Di mana dua intake udara NACA terbalik yang mengeluarkan aliran udara.

Caption

Ventilasi udara dilewati oleh dua saluran karbon untuk menarik udara ke bagian bawah fairing. Udara dialirkan dari bawah ke atas, mirip dengan konsep yang terlihat di Ferrari F2008.

Marco De Luca merupakan orang pertama yang memperkenalkan konsep saluran udara pertama kalinya pada Ferrari F2008 dan diberi nama S-duct. Saat ini, Marco De Luca menjabat sebagai kepala aerodinamika Aprilia.

Baca juga: Dijual Rp 656 Juta, Aprilia Tuareg Resmi Diluncurkan Di Indonesia

Jurnalis F1 asal Italia, Giorgio Piola menyebut A-duct merupakan solusi teknis paling inovatif dan orisinal yang terlihat di Formula 1 2008. S-duct dinilai dapat mengurangi penyumbatan udara untuk disalurkan ke diffuser belakang, sehingga meningkatkan gaya tekan tanpa mengurangi gaya hambat.