Arus Balik Lebaran, Arah Kayu Agung Ke Pematang Panggang Berlakukan Sistem One Way

Arus Balik Lebaran, Arah Kayu Agung ke Pematang Panggang Berlakukan Sistem One Way (Foto: PUPR)

KabarOto.com - Sudah melewati Lebaran hari ke dua nih Sob. Tapi sepertinya masih banyak masyarakat yang enggan untuk buru-buru kembali ke Ibu Kota. Tak ayal, waktu berkumpul dengan keluarga memang tidak mudah ditemukan dewasa ini.

Walaupun kenaikan volume kendaraan jelang arus balik belum terlihat, beberapa instansi terkait sudah melakukan rapat serta koordinasi loh. Hal tersebut dilakukan agar perjalanan pemudik saat arus balik nanti dapat berjalan lancar dan nyaman.

Baca Juga: Tidak Hanya Tol Trans Jawa, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Di Tol Trans Sumatera

Tidak hanya Tol Trans Jawa yang dipersiapkan kelayakannya untuk menyambut arus balik libur Lebaran. PT Hutama Karya Persero juga melakukan koordinasi dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan dan Lampung, terkait kesiapan serta kebijakan Tol Trans Sumatera.

Pasalnya, pada arus balik mendatang akan dilakukan sistem satu arah atau One Way, di jalur fungsional dari arah Kayu Agung ke Pematang Panggang. Jalur fungsional satu arah ini dibuka mulai 6 Juni hingga 13 Juni, mulai pukul 06.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Nantinya petugas dari Hutama Karya dan pihak Polda Lampung akan bersiaga di Km 239 Simpang Pematang. Petugas akan mengalihkan arus kendaraan yang menuju ke palembang, ke exit tol Simpang Pematang menuju jalan arteri.

Sebelumnya sistem One Way sudah diberlakukan dari arah Pematang Panggang ke Kayu Agung pada arus mudik Lebaran, yaitu 29 Mei hingga 5 Juni lalu. Alasannya sama, kebijakan ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di satu wilayah.

Baca Juga: Ini Lho Bedanya MPV, SUV, Dan Crossover

Untuk melintas di sepanjang Tol Trans Sumatera, ada klasifikasi kendaraan yang di izinkan dan dilarang loh. Kendaraan penumpang seperti sedan, MPV, SUV, minibus, dan bus penumpang diperbolehkan melintas. Tetapi, truk dan angkutan barang lainnya dilarang melintas nih Sob.

Untuk jalur Simpang Pematang ke arah Terbanggi Besar tetap dilakukan dua jalur seperti biasa. Tetapi, Sobat Kabaroto yang mudik melalui Kayu Agung jangan lupa tanggal serta waktu pemberlakuan One Way ya.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai Juga Harus Ganti Oli Loh

Tidak lupa, Hutama Karya juga menghimbau kepada seluruh pemudik yang melintasi Tol Trans Sumatera untuk selalu berhati-hati. Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan dari para petugas.