POPULAR STORIES

Aston Martin Valkyrie AMR Pro Akan Siap Kirim Ke Konsumen

Aston Martin Valkyrie AMR Pro akan Siap Kirim ke Konsumen

KabarOto.com - Aston Martin Valkyrie AMR Pro sudah dipastikan sah menjadi mobil jalan raya, sedianya mulai dikirim ke peminatnya pada kuartal keempat tahun ini.

Yup, Aston Martin Valkyrie AMR Pro merupakan hypercar yang terwujud dari mobil balap radikal pemenang Le Mans 24 Hours tahun 2019. PAstinya banyak penyesuaian agar mobil bermesin V12 bisa melesat di jalan raya.

Baca juga: Aston Martin jadi Perusahaan Mobil Sport Terakhir dengan Transmisi Manual



Diklaim saat memutari sirkuit Le Mans, Valkyrie AMR Pro bisa tembus 3 menit 20 detik. Hal ini berkat tenaga 1 014 dk yang bisa dimainkan di pedal gas.

Oh iya, konsep awal mobil ini tampil di Geneva Motor Show 2018 yang memang murni untuk ikut balapan di Le Mans. Adapun Aston Martin, Adrian Newey, Red Bull Advanced Technologies (RBAT), dan rekanan Multimatic saling berembuk agar tercipta sasis, aerodinamika dan pengembangan sumber tenaga.



Agar memberikan kenyamanan saat dilesatkan di jalan raya, sasis Valkyrie ditambah 380 mm utamanya di jarak sumburoda, kemudian tapak roda depan lebih lebar 96 mm dan belakang melar 115 mm.

Panjang total bodi beserta perangkat aerodinamika juga bertambah 266 mm. Kolong mobil dirancang ulang agar aliran udara tetap baik dan masih menciptakan gaya tekan ke permukaan aspal. Gaya tekan juga dipastikan bertambah, Valkyrie AMR Pro punya lateral akselerasi lebih dari 3G.



Valkyrie AMR Pro juga masih mengejar ringannya bobot kendaraan agar mesin V12 berkapasitas 6.500 cc racikan Cosworth bisa melengking hingga 11.000 rpm. Nah, tak ada performa hybrid, karena seluruh baterai dan motor listrik dipensiunkan.

Bodi andalkan serat karbon yang diklaim ultraringan, dudukan suspensi bermaterial karbon dan jendela depan dan samping dari bahan Perspex. Efisiensi aerodinamika diklaim mendekati regulasi Le Mans Hypercar. Valkyrie AMR Pro menjanjikan kemampuan di sirkuit mendekati mobil Formula 1.



Bagi para pemilik Valkyrie AMR Pro akan mendapat layanan mengikuti track day yang digelar oleh Aston Martin di salah satu sirkuit internasional berstandar FIA. Pengalaman berada di lintasan dan akses pit, dan pembekalan dari para tim instruktur Aston Martin Valkyrie.

Baca juga: Aston Martin Vantage Roadster, Hormati 100 Tahun 'A3'

Dapat juga baju balap eksklusif standar FIA dan undangan makan malam VIP. Pengalaman Art of Living tersebut juga akan berkendara di jalanan menantang kawasan Inggris hingga Eropa, begitu juga dengan yang di Amerika.

Sayangnya semua mobil yang dibuat hanya gunakan kemudi kiri. Produksi Aston Martin Valkyrie AMR Pro sebanyak 40 unit ditambah dua prototype.