POPULAR STORIES

Aston Martin Vantage Roadster, Hormati 100 Tahun 'A3'

Aston Martin Vantage Roadster, Hormati 100 Tahun 'A3'

KabarOto.com - Aston Martin memberikan penghormatan spesial kepada salah satu warisan sports car yang masih dalam keadaan terawat rapi Aston Martin A3, eksistensinya sudah berusia seabad.

Dari divisi Q by Aston Martin meracik khusus dari mobil modern yang saat ini sangat dikagumi, Aston Martin Vantage Roadster.

Baca juga: Konsep Mobil Sport Malaysia Terinspirasi Aston Martin DB10



Merunut sejarah, bahwa sasis No.3 ini sudah berusia 100 tahun semenjak keluar dari fasilitas produksi di Abingdon Road di Kensington, London. Eksistensinya di berbagai pameran dan festival membuat sports cars ini dijuluki 'A3'.

Mobil ketiga dari lima yang pernah dibuat sebagai purwarupa Aston Martin, digunakan sebagai pendukung bisnis pendiri Lionel Martin. Hanya empat silinder berkapasitas silinder 1.500 cc, bertenaga 11 dk.

A3 sering tampil dengan bodi streamlined racing dan sering meraih catatan sebagai mobil ringan kencang dan menang di Essex Motor Club Kop Hill Climb tahun 1922. Sementara pada tahun 1923 terkencang di sirkuit Brooklands torehkan 136 kpj.

Nah, seratus tahun A3, menjadi kebanggaan sebagai salah satu koleksi Aston Martin Heritage Trust (AMHT). Menjadi sumbangan kala lelang tahun 2002. Setelah diakuisisi oleh Trust, A3 kemudian direstorasi sebaik mungkin seperti kali pertama keluar pabrikan, melibatkan Ecurie Bertelli, spesialis Aston Martin sebelum perang dunia.

Sebagai penghormatan A3 sebagai kendaraan bersejarah, AMHT, Aston Martin HWM sebagai divisi khusus penanganan mobil mewah Inggris - Q by Aston Martin - mencoba menerjemahkan semangat A3 ke Vantage Roadster.

Menggunakan keahlian dan penilaian detail dari A3, terpasang gril unik bermaterial alumunium dan kawat persegi memberi kesan retro. Ditambah logo klasik Aston Martin. Sedangkan panel fender samping terdapat sabuk kulit sadel, terinspirasi dari kap alumunium dan pengikat kap mobil buatan 1921.

Panel disempurnakan lagi oleh Ecurie Bertelli dipoles tangan. Dipertegas grafir 'No 3' merepresentasikan aslinya. Kemudian eksklusif kaliper rem berwarna perunggu, seperti detail yang dipakai A3. Pelek memakai ukuran 20 inci Lightweight Forged Gloss Black.

Baca juga: Buat yang Paham, Aston Martin DBR2 Ini Cocok untuk Kolektor



Di kabin dijumpai micro-perforated di jok diperindah tulisan bersejarah Aston Martin, huruf yang sama dipakai tahun 1921. Kelir Obsidian Black mendominasi interior dipadu kulit Chestnut Tan dan benang kontras Chestnut Tan.

Tak ada informasi lebih lanjut spesifikasinya, karena hanya tersedia tiga unit. Bagi yang serius mengincarnya, bisa hubungi Aston Martin HWM.