Audi A1 Citycarver 2020, Asyik Untuk Off-road

Audi A1 Citycarver 2020, Asyik untuk Off-road Foto: Audi

KabarOto.com - Pabrikan mobil asal Jerman, Audi akan meluncurkan varian terbaru yakni Audi A1 Citycarver. Mobil ini menggunakan basis yang sama dengan Audi A1 Sportback. Namun dilihat dari bentuknya, A1 Citycarver sepertinya diciptakan untuk bermain off-road ringan.

Terlihat dari bodi yang lebih kekar dibanding Audi A1 Sportback. Secara desain, memang mirip dengan Audi A1 Sportback, walaupun tetap ada perbedaan yang cukup signifikan. Misal bagian depan sudah menggunakan desain terbaru Audi, mencakup lampu lebih modern dan gril segi enam.

Pembeda Audi A1 Citycarver dengan A1 Sportback hanya bagian bumper. Pada A1 Citycarver menggunakan proteksi di bagian bawahnya. Selain itu, bentuk air inlet di bumper juga berbeda.

Baca juga: Audi RS3 Sportback Garapan ABT Sportsline Tembus 493 Dk

Menuju bagian samping, perbedaan yang terlihat makin banyak. Seperti yang dilansir dari situs resmi Audi, A1 Citycarver punya ground clearance sekitar 4 cm lebih tinggi. Desain ini membuat A1 Citycarver punya visibilitas lebih baik.

Juga agar lebih menguatkan aura gagah ala off-road, suspensinya lebih tinggi 35 mm, dengan ban lebih besar, yakni berdiameter 16 inci. Bahkan, ground clearance ini masih bisa ditambah tinggi lagi, dengan menggunakan opsi pelek 18 inci.

Aura bermain off-road lebih kental lagi, berkat side skirt yang menggunakan proteksi tambahan. Selain itu juga terlihat proteksi tambahan di bagian fender, layaknya mobil-mobil off-road.

Desain belakang dari mobil ini juga cukup sporty, dan sudah menggunakan desain terbaru Audi. Temasuk lampu belakangnya yang sudah menggunakan motif LED dan berbentuk huruf y.

Menuju ke interior, terlihat nuansa sporty dengan aksen-aksen yang disesuaikan warna bodi. Audi juga menyebut mobil ini sesuai dengan gaya anak muda.

Misal dari perangkat infotainment yang menarik dengan konektivitas luas, menjadikan Audi A1 Citycarver sebagai mobil yang cerdas. Cluster instrumen yang sepenuhnya digital alias Audi Virtual Cockpit hadir sebagai standar, dengan navigasi MMI. Pengemudi dapat mengendalikan sistem infotainment canggih melalui layar sentuh 10,1 inci atau hanya melalui kontrol suara.

Buka kap depan, karena menggunakan basis yang sama dengan Audi A1 Sportback. Mesin yang digunakan Audi A1 Citycarver juga sama. Beberapa jenis mesin Audi A1 tersebut adalah sebagai berikut:

A1 25 TFSI: 1.0 TFSI menghasilkan 95 dk dengan torsi maksimum 175 Nm, dan merupakan mesin TFSI terkecil dalam jajaran A1. Mesin ini menggunakan konfigurasi 3 silinder berkapasitas 999 cc. Dengan mesin ini, Audi A1 dapat mencatatkan waktu 10,8 detik dari berhenti hingga kecepatan 100 kpj, dan mencapai kecepatan maksimum 191 kpj.

A1 30 TFSI: 1.0 menghasilkan 116 dk dengan torsi maksimum 200 Nm. Dengan mesin ini A1 dapat berlari dari 0 hingga 100 kpj dalam 9,4 detik, dan mencapai kecepatan 203 kpj.

A1 35 TFSI 1.5 COD menghasilkan tenaga 150 dk. Mesin ini juga menggunakan teknologi COD (Cylinder On Demand). Mesin ini menggunakan konfigurasi 4 silinder plus turbo dengan kubikasi 1.498 cc. Tenaga maksimumnya 150 dk dengan torsi maksimum 250 Nm. Mesin ini dapat berakselerasi ke kecepatan 100 kpj dari posisi diam dalam waktu 7,7 detik, dengan kecepatan maksimum di angka 222 kpj.

A1 40 TFSI 2.0, varian ini menghasilkan tenaga 200 dk dengan torsi maksimum 320 Nm. Mesin 2.0 TFSI merupakan mesin bensin tertinggi untuk A1 terbaru. Menggunakan konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.984 cc. Transmisi S Tronic 6 percepatan membuatnya dapat berlari dari 0 hingga 100 kpj hanya dalam 6,5 detik, dan kecepatan maksimumnya mencapai 235 kpj.

Baca juga: 3 Mobil Audi Ini Bakal Muncul Di Film Spider-Man: Far From Home

Rencananya, Audi A1 Citycarver dapat dipesan mulai Agustus 2019 dan akan tiba di diler Eropa pada musim gugur 2019. Kira-kira cocok tidak ya, Audi A1 Citycarver ini bermain offroad? (Gregorius Nikolaus.P)