POPULAR STORIES

Audi RS3 Sportback Garapan ABT Sportsline Tembus 493 Dk

Audi RS3 Sportback Garapan ABT Sportsline Tembus 493 dk Foto: ABT Sportsline

KabarOto.com ­– Setelah membuat modifikasi berbasis Audi RS3 sedan, ABT Sportsline bikin lagi nih proyek terbaru. Bengkel modifikasi asal Jerman ini, sekarang menggunakan Audi RS3 Sportback sebagai proyek selanjutnya.

Dilansir dari Carscoops, Audi RS3 Sportback garapan ABT Sportsline mampu menghasilkan tenaga hingga 493 dk dengan torsi 570 Nm. Pakai mesin 5 silinder berkapasitas 2.500 cc.

Penambahan tenaga sekitar 99 dk dan 90 Nm, berkat intercooler aftermarket dan ECU yang dapat menggontrol sistem katup pada knalpot. Hasilnya, akselerasi 0-100 kpj tuntas dalam 3,7 detik dan top speed 299 kpj (186 mph).

Sebagai perbandingan, supercar yang tenaganya menyerupai yaitu Ferarri F430. Dari hasil tes F430, akselerasi 0-100 kpj dalam 4,1 detik, berarti 0,3 detik lebih lambat dari Audi RS3 ABT Sportsline.

Baca juga: Test Drive Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport, Tawarkan Kepraktisan Tinggi Dan Rasa Berkendara Sport

Sebenarnya hasil ini tidak mengejutkan, karena Audi RS3 Sportback dalam keadaan standar saja sudah mendekati Ferarri F430. Dalam keadaan standar, 0-100 kpj tuntas dalam 4,1 detik dan top speed 280 kpj (174 mph), tentunya speed limiter bawaan pabrik sudah dilepas.

Performa standar Audi RS3 Sportback berkat bantuan penggerak all wheel drive, yaitu dinamakan Quattro, yang jadi andalan semua line-up mobil Audi. Untuk menandakan mobil ini hasil garapan ABT, adanya logo ABT di beberapa bagian bodi.

Sebenarnya beberapa tahun silam, ABT Sportsline pernah membuat Audi RS3 juga, tetapi tenaganya lebih rendah yaitu 424 dk dan torsi 530 Nm. Tenaga yang bertambah hanya 63 dk dan torsi 55 Nm, ABT sengaja melakukan modifikasi yang tidak terlalu esktrem ini, karena mereka ingin menantang langsung BMW M4, dan tenaga hasil modifikasi ini setara dengan Audi R8 lawas bermesin V8.

Sekarang bicara soal tampilan, semua diubah makin sporty dengan instrumen body kit. Gril depan tampil lebih agresif, untuk bagian samping ada side skirt dan tambahan fender yang lebih berisi dari sebelumnya.

Selain itu Audi RS3 menggunakan pelek dari ABT berukuran 20 inci berwarna gun metal. Pada bagian bumper belakang juga dilengkapi diffuser baru yang terlihat lebih agresif.

Baca juga: Lexus Boyong SUV Mewah Dan Mobil Konsepnya Di GIIAS 2019

Knalpotnya menggunakan ABT double muffler, terbuat dari stainless steel berdiameter 102 mm warna krom hitam. Untuk paket tenaga paling ganas ini berkat paket khusus ABT Power S, adanya kode ‘S’ di belakang huruf ABT berarti adannya peranti teknis atau mekanikal yang disematkan, selain dari control unit ABT Engine Control (AEC).

ABT juga menawarkan beberapa upgrade lainnya seperti, coilover suspension, rem yang lebih besar, anti-roll bar dan berbagai aksesori untuk interior.

Selain itu, ABT juga menawarkan paket performa yang lebih kalem. Dimana tersedia pilihan tenaga hanya 440 dk dan torsi 520 Nm. Nah bicara soal harga, untuk upgrade paling anyar sekitar Rp 942 jutaan.

Nah gimana Audi RS 3 Sportback hasil garapan ABT Sportlines? (Rizky Hidayat)

POPULAR STORIES

HOT