POPULAR STORIES

Audi Membuat Desain Pelek, Menggunakan Teknologi Bernama FelGAN

Audi Membuat Desain Pelek, Menggunakan Teknologi Bernama FelGAN Pelek di mobil (Foto: Ilustrasi: KabarOto.com)

KabarOto.com - Audi sudah mulai menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk merancang pelek, yang akan digunakan di mobil buatan mereka, bernama FelGAN.

FelGAN adalah gabungan dari kata Jerman Felge atau artinya roda, dan GAN, singkatan dari Generative Adversarial Networks. GAN merupakan bentuk dari program komputer, bisa belajar sendiri, menggunakan 2 algoritme. keduanya dirancang untuk belajar dari membuat desain terbaik, dan mengkoreksi kesalahan desain sebelumnya.

Dengan proses ini, salah satu algoritme akan membuat desain pelek yang sangat realistis, bahkan sulit membedakan, antara foto asli dengan hasil karya AI tersebut.

Baca Juga : Tim Audi Tampil Lebih Awal Di Game F1 22

Nantinya pelek rancangan AI ini, akan menjadi inspirasi bagi para desainer. Bisa dibilang, ini semacam pusat ide bagi tim desain pelek Audi.

Memungkinkan mereka membuat variasi baru, dan lebih mudah bereksperimen dalam bentuk, warna, struktur permukaan, dan pengukuran lainnya.

Proses desain baru ini, tidak sepenuhnya bergantung pada ide AI. Desainer Audi juga dapat memberi input ke program, dengan desain dan foto mereka sendiri.

Baca Juga : Audi RS6 Avant Performance, Paket Tenaga 630 Dk

Langkah terakhir dalam proses desain ini, adalah mengubah desain virtual menjadi barang sesungguhnya, dengan membuat prototipe pelek. Prototipe akan terbuat dari plastik atau aluminium, dibuat menggunakan mesin khusus tingkat presisi tinggi, sampai akhirnya lolos ke tahap produksi.