Bahaya Kotoran Pada Tuas Rem

Bahaya Kotoran pada Tuas Rem Rem Motor (Ahmad Djainudin/Kabaroto)

Kabaroto.com - Kendaraan yang baik pastinya akan membuat pengendara merasa nyaman saat menggunakannya, mulai dari sistem penggerak, kelistrikan hingga pengereman. Salah satu sistem yang terpenting adalah sistem pengereman, dan tips berikut untuk menghindari bahaya kotoran pada tuas rem.

Sistem pengereman yang baik didukung dengan perangkat dengan kondisi baik. Seperti pedal rem, tuas rem, dan kanvas rem yang bagus untuk menunjang sistem pengereman bekerja dengan maksimal. Hal ini diungkapkan oleh Ryan mekanik RMS yang sering mengoprek roda dua untuk balap.

Baca Juga:

"Salah satu penunjang motor balap agar maksimal saat dilintasan balap adalah sistem pengereman, bila sistem pengereman bekerja dengan baik akan mempermudah bagi pebalap untuk mengendalikan motornya saat dipacu dengan keadaan kencang," ujarnya kepada Kabaroto, Selasa (29/8/2017).

Rem Motor (Ahmad Djainudin/Kabaroto)
Caption

Jadi, biasakan perawatan sistem pengereman dengan lebih seksama. Berikut beberapa tips agar sistem pengereman bekerja sempurna pada kendaraan:

. Perhatikan posisi pedal dengan tuas rem, posisi yang baik akan menghasilkan pengereman yang sempurna.

. Selalu cek kebersihan bagian dalam tromol, dimana letak kanvas rem yang biasanya akan menjadi tempat serat kanvas rem berkumpul.

. Selalu bersihkan bagian tuas rem agar tidak menjadi tempat menggumpalnya kotoran, dan dapat bekerja dengan maksimal.

. Selalu lakukan pengecekan dengan sistem berkala, bila kanvas sudah dirasa kurang menggigit segera lakukan penggantian.

Demi keselamatan saat berkendara sebaiknya lakukan pengecekan dengan menyeluruh. Anda juga harus menekankan safety riding dan lebih berhati-hati saat berkendara.