POPULAR STORIES

Bahaya Serangan Microsleep Saat Mudik Gunakan Kendaraan Bermotor, Ini Cara Mencegahnya

Bahaya  Serangan Microsleep Saat Mudik Gunakan Kendaraan Bermotor, Ini Cara Mencegahnya Ilustrasi mengemudi jarak jauh (Foto: Auto2000/Kabaroto)

KabarOto.com - Patut diwaspadai, saat mengemudi ke kampung halaman jelas lebaran adalah rasa lelah dan mengantuk. Microsleep menjadi salah satu penyebab banyaknya kecelakaan di jalan raya, khususnya tol. Pengemudi mobil perlu mengetahui cara mencegah serangan microsleep saat mudik menggunakan kendaraan bermotor.

Perlu diketahui, microsleep bisa terjadi pada orang yang sehat dan bugar, serta dalam mata terbuka. Karena kondisi ini terjadi karena otak tidak terstimulus.

Menurut Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, berkendara merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi, selain itu pengemudi harus memiliki keahliah multi-tasking.

Baca Juga: Mobil Ditinggal Selama Mudik Lebaran? Begini Tipsnya

kondisi selama berada di jalan tol membuat mengantuk, dan munculnya gejala microsleep

"Biasanya microsleep menyerang orang-orang yang sudah terbiasa melalui suatu jalan secara terus menerus,” ungkap Jusri.

Untuk menghindari serangan microsleep, pengemudi bisa melakukan sesuatu agar otak tetap bekerja seperti berpikir. Jadi ajak otak tetap memahami sekeliling ketika berkendara, dan bisa memahami apa yang dilihat serta akan dilakukan ketika di jalanan.

Cara lainnya adalah menggerakan pupil mata. Seperti cek kaca spion kanan-kiri serta depan-belakang, itu bisa membantu otak untuk tetap bekerja dan fokus.

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Pakai Mobil, Coba Perhatikan Beberapa Hal Simpel Berikut

Bagi Sobat KabarOto jangan salah kaprah ketika bosan saat perjalanan panjang malah selalu mengonsumsi kopi, bisa jadi penyebabnya adalah bosan di rute yang sama.

Dalam situasi mudik Lebaran, berkendara jarak jauh, membuat pengemudi merasa letih dan lelah. Belum lagi kejenuhan dengan kondisi selama berada di jalan tol membuat mengantuk, dan munculnya gejala microsleep.

Berita Terkait

Berita Terkait