POPULAR STORIES

Ban Cepat Rusak Di F1 Qatar 2023, Pirelli Ungkap Penyebabnya

Ban Cepat Rusak di F1 Qatar 2023, Pirelli Ungkap Penyebabnya Foto : F1.

KabarOto.com - Ada kejadian unik di F1 Qatar 2023, menjelang balapan sejumlah tim mengeluhkan sulitnya mengendalikan mobil karena licin, terbaru adalah lebih cepatnya ban rusak khususnya di tikungan 12-14.

Hal ini karena desain kerb yang berbentuk seperti piramid. Sebenarnya kerusakan ban akibat kerb ini tidak berdampak langsung secara signifikan, namun karena efek downforce dan kecepatan mobil F1 membuat ban tidak tahan lama, kemungkinan sekitar 20 lap.

Baca Juga : Hasil Kualifikasi F1 Qatar 2023, Max Verstappen Pimpin Balapan

"Jika saya potong bannya, saya tunjukkan bagiannya, Anda tidak akan melihat adanya kerusakan. Ukurannya sangat kecil sehingga jelas kita dapat menemukan kerusakannya dengan mikroskop," ujar Mario Isola, Direktur Motorsport Pirelli.

Selain itu kondisi trek, bagian tersebut tikungan 12-14 itu adalah tikungan kecepatan tinggi, maka wajar ban jadi lebih cepat rusak. Kerusakan yang ditemukan adalah dinding samping bagian luar ban, terkena benturan saat mobil menabrak tepian kerb.

Baca Juga : Ini Susunan Pembalap F1 2024

Oleh karena itu pihak FIA memberikan update di bagian tikungan 12-13 untuk menambahkan batasan trek hingga 80 cm ke bagian trek, tentu ini akan jadi tantangan setiap pembalap, pasalnya jika melanggar pembalap akan mendapat sanksi tambahan.