POPULAR STORIES

Cara Merawat Pelek Motor Jari-jari Supaya Tidak Korosi

Cara Merawat Pelek Motor Jari-jari Supaya Tidak Korosi Pelek jari-jari

KabarOto.com - Sepeda motor kini memiliki dua jenis pelek yang digunakan, cast wheel dan jari.jari. Cast wheel memiliki keunggulan lebih terlihat sporty, namun jika retak, tidak bisa diperbaiki harus diganti seluruhnya. Sementara, pelek jari-jari bisa disetel lebih kua,diklaim awet,

Namun, karena menggunakan material besi atau baja, pelek jari-jari bisa mengalami korosi akibat karat. Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora memberikan cara merawat agar tidak korosi:

Baca Juga: Asal Tahu Saja, Semua Pelek Formula 1 Ternyata Buatan BBS Jepang

1. Selalu Jaga Kebersihan

Pelek jari-jari memiliki sela-sela yang selalu luput dibersihkan terutama saat mencuci. Padahal jika kotoran yang menempel terutama untuk material velg yang terbuat dari besi lama-kelamaan akan menimbulkan karat. Jika dibiarkan membuat korosi dan berpotensi merusak pelek.

Pelek jari-jari juga butuh perawatan (Foto: DAM)



Untuk itu selalu, memiliki kendaraan dapat menjaga kebersihan pelek dan mengelapnya dengan kain bersih ketika habis dicuci atau habis menerjang genangan air hujan.

2. Jaga Tekanan Angin

Pelek jari-jari biasanya menggunakan ban model tube type atau harus menggunakan ban dalam. Maka dari itu, tekanan angin harus tetap dijaga sesuai standar atau aturannya, jangan sampai kurang atau berlebih.

Tekanan angin 28 Psi untuk depan dan ban belakang cukup 32 Psi saja. Tekanan angin ban yang kurang dari seharusnya akan berpotensi kerusakan pada pelek.

Baca Juga: BMW Dan MINI Gunakan Pelek Dari Bahan Daur Ulang

3. Cek Kekencangan Jari-Jari

Kelebihan pelek model jari-jari adalah bisa diatur kekencangannya. Jika beberapa bagian jari-jari ada yang kendur maka akan dirasa tidak nyaman. Maka untuk membuatnya dalam kondisi ideal, secara berkala velg sepeda motor jenis jari-jari harus rutin dicek kekencangannya.