POPULAR STORIES

Begini Fitur Ban Mobil Listrik Hankook ION Yang Baru

Begini Fitur Ban Mobil Listrik Hankook iON yang Baru Begini Fitur Ban Mobil Listrik Hankook iON yang Baru (KabarOto/Hankook)

KabarOto.com - Perusahaan ban Hankook memperkenalkan sistem teknologi ban Electric Vehicles (EV) untuk mempercepat efisiensi dalam proses riset dan pengembangan serta meningkatkan komunikasi pelanggan. Sistem teknologi baru ini diberi nama ‘iON Innovative Technology’, sebagai ban representatif untuk kendaraan listrik.

Berdasarkan uji internal oleh Hankook Tire, iON membuktikan pengurangan kebisingan kabin hingga 18%, peningkatan usia ban hingga 15%, peningkatan stabilitas berkendara hingga 10%, dan peningkatan efisiensi mil per-galon bensin (MPGe) hingga 6% dibandingkan ban untuk kendaraan dengan mesin pembakaran internal.

Teknologi ini terdiri dari 4 teknologi ban utama yang dirancang dengan fokus pada atribut kendaraan listrik, yaitu i Sound Absorber (Kebisingan), i Super Mileage (Keausan), i Perfect Grip (Cengkeraman), dan i Extreme Lightness (LRR).

Baca Juga: Hankook Terima 3 Penghargaan Langsung Dari Inggris

Keempat teknologi inti tersebut kemudian akan dibagi menjadi 15 komponen teknologi yang lebih rinci, memberikan proses riset dan pengembangan yang lebih terorganisir dan efisien.

Sebanyak 9 paten telah diterapkan pada iON, termasuk ‘Noise Guard’, yaitu alur ban yang tebal dan vertikal pada permukaan ban yang menggunakan teknologi Knurling untuk mengurangi kebisingan. Sementara itu, bidang teknologi peningkatan jarak tempuh memiliki total 11 paten, termasuk ProDurable Compound, yang dirancang untuk memperpanjang usia ban dengan menggabungkan material yang canggih, dan Round Even, yang membuat tekanan kontak dengan jalan lebih seragam.

Baca Juga: Hankook Dan Kumho Sepakat Bikin Ban Ramah Lingkungan

Sebanyak 23 teknologi yang dipatenkan telah diimplementasikan, untuk meningkatkan cengkraman dan pengendalian ban yang menampilkan teknologi seperti Grip Claw. Bahan yang menggunakan teknologi ultra-thin-film 3D Kerf, dan ProGrip Compound, memadukan konsentrasi silika yang tinggi dengan material yang ramah lingkungan untuk meningkatkan performa cengkeraman.

Selain itu, 15 teknologi yang dipatenkan juga telah diimplementasikan, termasuk ProCoupling Compound, yang dirancang untuk meningkatkan resistensi gulir dengan meningkatkan dispersi silika melalui kombinasi kompon yang optimal.