Begini Memilih Bahan Bakar Yang Baik Sesuai Kebutuhan Mesin

Begini Memilih Bahan Bakar yang Baik Sesuai Kebutuhan Mesin Pertamina memiliki bahan bakar Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo

KabarOto.com - Memilih Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah hal penting yang harus dilakukan. Menggunakan BBM yang tepat untuk mobil bisa menjaga mesin kendaraan bekerja optimal, serta mempertahankan keawetan komponennya.

Jika menggunakan BBM yang tidak sesuai dengan kebutuhan, dalam jangka waktu panjang bisa membuat proses pembakaran tidak sempurna. Berpotensi meningkatkan emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Baca Juga: Taiwan Ekspansi Suku Cadang Mobil Bahan Bakar Roket Untuk Pasar Indonesia

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, menggunakan BBM yang sesuai dengan research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin. Hariadi juga memberikan berbagai jenis bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan.

1. Bahan Bakar Oktan 90
Oktan 90 dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1. Kualitas bahan bakar ini sangat cocok digunakan untuk kendaraan harian, pendukung aktivitas. Kelebihan BBM oktan 90, memiliki harga jual yang terjangkau.

Shell menghadirkan bahan bakar berkualitas mulai dari RON 92 sampai 98 (Foto: Shell)

2. Bahan Bakar Oktan 92
Bahan bakar ini dibanding oktan 90 lebih baik. Kadar oktannya membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna. Selain itu, memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

Performa mesin menjadi lebih baik, awet, konsumsi bahan bakar juga lebih efisien. BBM jenis ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10:1 sampai 11:1.

3. Bahan Bakar Oktan 95
Bahan bakar dengan jenis ini, bisa digunakan untuk mesin yang memiliki rasio kompresi lebih tinggi, seperti 11:1 sampai 12:1. BBM oktan 95, kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik.

Hal ini, mampu mendorong kinerja mesin mendapatkan performa lebih tinggi, efisien, serta dapat mengurangi gesekan, untuk memperkecil energi yang terbuang akibat panas. Keuntungan lain, mengurangi keausan komponen mesin. Namun, karena kualitasnya sangat baik, harganya pun cukup tinggi dibanding oktan lain.

4. Bahan Bakar Oktan 98
BBM ini dikembangkan dengan teknologi mutakhir sesuai dengan kebutuhan mesin mobil performa tinggi, yang membutuhkan pembakaran lebih sempurna. Oktan ini dibutuhkan oleh mesin yang memiliki spesifikasi kompresi tinggi, sampai 13:1.

Jika digunakan ke mesin berkompresi rendah, akan dapat mengakibatkan gejala fuel dilution, di mana BBM tidak terbakar seluruhnya secara sempurna, meninggalkan sisa yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar terasa lebih boros.

Baca Juga: Konsumsi Bahan Bakar DFSK Super Cab Tembus 15,8 Kpl, Ini Penjelasannya

“Pemilihan bahan bakar yang baik disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar kendaraan tetap berfungsi dengan optimal," terang Hariadi.