Beragam Trek Sirkuit Pagadengan Uji Ketangguhan Suzuki Jimny

Beragam Trek Sirkuit Pagadengan Uji Ketangguhan Suzuki Jimny Suzuki Jimny transmisi matik melintasi trek gelombang, menguji travel suspensi dan ground clereance (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Suzuki Jimny sudah mengaspal di Tanah Air sejak tahun 1979. Sebagai kendaraan off-road, memiliki penampilan 4x4 yang ikonik. Apalagi Suzuki Jimny generasi ke-4 baru diluncurkan tahun ini, tepatnya saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada bulan Juli lalu.

Kerennya, walaupun baru meluncur Suzuki Jimny sudah meraih gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengambil kesempatan untuk menunjukkan performa dan fiturnya di Sirkuit Pagedangan, BSD, pada rekan wartawan.

Baca Juga: Demam Suzuki Jimny, Yang Ini Bisa Jadi Referensi Modifikasi Elo, Sob!

"Hari ini kami ingin menjawab rasa penasaran publik akan sensasi berkendara menggunakan Jimny melalui kegiatan test drive bersama rekan media," papar Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS.

Melalui konsep 'Functional Beauty, Designed for Proffesionals' Suzuki Jimny di klaim memiliki perpaduan keindahan desain dan fungsionalitas yang mumpuni. Mobil ini sanggup menerjang trek atau medan yang sulit diakses, maupun melalui cuaca ekstrem.

Test drive Suzuki Jimny di Sirkuit Pagedangan memberi kesempatan pada wartawan untuk menguji ketangguhannya pada dua varian transmisi, manual dan matik. Pada kesempatan ini mobil off-road tergolong mungil harus melewati beragam trek yang mampu menguji performa, kenyamanan hingga fiturnya.

Trek yang dilewati antara lain kasar dan berbatu, bergelombang atau bisa disebut jungkat-jungkit, kemudian tanjakan serta turunan tajam.

Setiap trek pada lintasan memiliki tujuan pengujian masing-masing, dimana jalan berbatu mampu menunjukkan bagaimana suspensi bekerja. Selanjutnya trek bergelombang dengan lubang yang cukup dalam digunakan untuk menguji travel suspensinya, sekaligus ground clearence yang tingginya 210 mm.

Baca Juga: All New Suzuki Jimny 2019 – Pertama Pakai Audio Bening

Trek tanjakan tajam serta turunan curam digunakan untuk menguji fitur yang diaplikasikan pada Suzuki Jimny, yaitu Hill Hold Control dan Hill Descent Control.

Masing-masing memiliki cara penggunaan yang berbeda, seperti Hill Descent Control dapat mengontrol kendaraan agar mengerem dengan sendirinya tanpa harus menginjak pedal rem pada jalan menurun.

Hampir sama dengan Hill Descent Control, Hill Hold Control digunakan untuk melalui trek atau jalan tanjakan. Ketika fitur ini aktif, Suzuki Jimny mampu berhenti di tanjakan tanpa harus di rem secara manual oleh pengemudi.

Tidak hanya trek, penggunaan transmisi biasa, transmisi 4x4, dan mengatur pijakan pada pedal gas juga menjadi salah satu kunci agar mampu melewari trek ini.