POPULAR STORIES

Bodi Kompak Dan Mesin Besar, Honda Fit Ini Bertenaga 215 Dk

Bodi Kompak dan Mesin Besar, Honda Fit Ini Bertenaga 215 Dk Sumber : Super Street

KabarOto.com – Honda Fit atau Jazz memang cukup digemari jadi bahan modifikasi para builder mobil. Berbagai referensi pun banyak ditemukan baik gaya racing hingga stance. Suku cadangnya mudah didapat dan memiliki kesamaan dengan model lain.

Menariknya, untuk melakukan modifikasi salah satunya adalah pergantian mesin, banyak yang mengaplikasikan mesin berkapasitas 2.000 cc milik Accord. Penyesuaian yang tidak terlalu rumit, maka mesin standar 1.500 cc sudah tergantikan perannya.

Seperti dilakukan Esteban Gonzalez, pemilik Honda Fit lansiran 2010. Sebelumnya, Gonzalez menggunakan Honda Integra DC2, tapi karena alasan sudah berkeluarga maka ia jarang mengendarai mobil itu dan akhirnya menjualnya. Dan setelah anaknya menanyakan mobil keren itu, ia berjanji untuk membangun mobil lain, dan inilah hasilnya.

Baca Juga : Honda Civic Ferio Modifikasi Mesin Integra, Gaya Super Rapi

Gonzalez memang sudah menyukai Fit sejak awal diluncurkan. Gaya yang dipilih pun aliran JDM, pada eksterior-nya menggunakan bumper dari Spoon Sports, begitu juga kap mesin, spion dan spoiler. Lalu lampu utama dan lampu belakang menggunakan model RS karena memiliki aura lebih sporty.

Nuansa Spoon Sports sudah melekat, hampir seluruh komponen modifikasi menggunakan produk lansiran Spoon. Mulai dari pelek menggunakan Spoon SW388 ukuran 16 inci lebar 7.5 dan offset 30, finishing hitam doff. Dibalut ban Yokohama Advan A052 ukuran 225/45 R16 di depan dan 205/50 R16 di belakang.

Baca Juga : Afzal Kahn Pemilik Pelat Nomor Paling Mahal Di Dunia

BBK-nya pun masih dari Spoon monoblok, lengkap dengan master rem J’S Racing, kampas Raybestos, dan selang rem Stop Tech yang lebih mampu menahan temperatur tinggi.

Dikombinasikan lagi suspensi BC Racing, suspensi ini memiliki kemampuan pengaturan tinggi dan rendah mobil, serta tingkat kekerasan diatur sesuai kebutuhannya. Penambahan Spoon rigid collar, fungsinya adalah mengisi ruang antara baut di sasis mobil sehingga tidak ada pergerakkan, dan hasilnya mobil makin stabil.

Mesin standar 1.500 cc harus rela tergesar dari ruang mesin, gantinya adalah mesin K20A milik Accord Euro R. Untuk menghuni ruang mesin, digunakan engine mounting lansiran Hasport, disempurnakan lagi dengan pompa oli 4Piston Racing, PRC intake manifold, throttle body K-Tuned 72 mm, dan Hybrid-Racing cold-air-intake.

Sistem pembuangan menggunakan Wicked Fab header kombinasi 4-1, dan Spoon Sports N1 muffler kustom pipa 2.5 inci. Rwyire pun dipercaya merapikan sistem perkabelan dan semua kinerja diatur oleh AEM Infinity ECU.

Tenaganya? Bukan main, ada sekitar 215 dk siap melesatkan mobil ini.

Transmisinya menggunakan ASP3 6 percepatan dan kopling kompetisi dari Exedy. Serta shifter lansiran K-Tuned TSX, demi mengartikulasikan tenaga besarnya jadi gerakkan ke roda depan.

Kabin mengaplikasikan konsep racing, namun tetap mengedepankan fungsinal dan kenyamanan berkendara. Buktinya pendingin ruangan (AC) dan sistem audio standarnya masih tetap digunakan. AEM Electronics CD7 digital dash menggantikan spidometer standar.

Nuansa racing terasa kuat berkat penggunaan jok model racing, lingkar kemudi bergaya racing, tuas transmisi dengan quick shifter, dilengkapi pelidung tambahan seperti roll cage dan sabuk pengaman Takata 4 titik.

Mau meniru modifikasi Honda Jazz/Fit ini?