POPULAR STORIES

Bridgestone Jadi Mitra Utama Kompetisi Balap Mobil Tenaga Surya BWSC 2023

Bridgestone Jadi Mitra Utama Kompetisi Balap Mobil Tenaga Surya BWSC 2023 Bridgestone World Solar Challenge (BWSC) (Foto: Bridgestone)

KabarOtoo.com - Bridgestone menjadi mitra utama kompetisi balap mobil tenaga surya Bridgestone World Solar Challenge (BWSC) kembali berlangsung. Kali ini jumlah tim yang ikut serta terbilang banyak. Event kali ini juga sekaligus merayakan satu dekade perusahaan ban asal Jepang ini sebagai sponsor.

Bridgestone semakin menunjukkan komitmen jangka panjangnya terhadap sustainable global motorsport, pada event yang berlangsung di Adelaide, Australia. Sebanyak 35 tim akan menempuh perjalanan sejauh 3.000 km, dari Darwin ke Adelaide, menggunakan ban Bridgestone pada 23 Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga: Bridgestone Dueler - All Terrain AT002 Jadi Ban Lamborghini Huracan Sterrato

Pada tahun ini juga, menjadi tahun perdana diterapkannya teknologi Enliten, teknologi dasar untuk desain produk yang mewujudkan “New Premium”, pada ban yang digunakan.

BWSC 2023 juga akan menjadi ajang pertama kalinya teknologi ini digunakan dalam sebuah kompetisi, sebagai suatu milestone tersendiri dalam sejarah, penggabungan antara motorsport dan sustainability.

Balap Mobil Tenaga Surya (Foto: Bridgestone)

Tomoyuki Takagi, Executive Director Global Marketing Strategy, Bridgestone Corporation mengatakan, komitmen Bridgestone pada BWSC, merupakan demonstrasi dari transformasi mereka menuju perusahaan solusi berkelanjutan. "Melalui pengembangan teknologi ban baru dan dengan menampilkan nilai-nilai Bridgestone E8 Commitment,” jelasnya .

BWSC merupakan ajang kompetisi balap mobil bertenaga surya paling terkemuka di dunia, dan memiliki komitmen jangka panjang Bridgestone, terhadap BWSC. Mereka memainkan peran penting dalam mendukung budaya motorsport global, sebagai sebuah sustainable global premium brand.

Kembalinya BWSC tahun 2023, merupakan event pertama sejak perpanjangan kemitraan 10 tahun Bridgestone diumumkan pada tahun 2019.

Bridgestone terus memperluas dukungan timnya selama dekade terakhir, berkembang dari satu tim yang menggunakan ban Bridgestone pada tahun 2013 menjadi 35 tim, dari total 43 tim, pada tahun 2023.

Acara ini juga membuka akses bagi Bridgestone pada riset dan pengembangan dunia-nyata dalam kondisi yang ekstrim sebagaipengujian produk ban terbaru yang dilengkapi dengan teknologi ENLITEN.

BWSC hanyalah salah satu kemitraan global Bridgestone dalam pilar motorsport global berkelanjutannya, bersama FIA ecoRally Cup, sebuah kompetisi internasional untuk kendaraan produksi massal dengan mesin penggerak listrik.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu hal yang melandasi diberikannya penghargaan Three Star of Environmental Accreditation yang bergengsi dari FIA, Federation Internationale de l'Automobile - asosiasi nirlaba pengelola motorsport dunia, atas inisiatif motorsport Bridgestone.

Baca Juga: Pemasok Ban F1 Musim 2025-2027, Akankah Bridgestone Kembali?

BWSC sendiri, sudah ada sejak tahun 1987. Tujuannya untuk berkontribusi dalam pengembangan mobil bertenaga surya, mendukung para insinyur muda, dan berkontribusi terhadap lingkungan dengan menggunakan sumber tenaga baru cahaya matahari. Peserta ditantang untuk merancang, membangun, dan mengembangkan kendaraan paling efisien di dunia.