POPULAR STORIES

BSN Akan Menggelar Pameran Kendaraan Listrik Di Jogja

BSN akan Menggelar Pameran Kendaraan Listrik di Jogja Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 (Foto: BSN)

KabarOto.com - Badan Standarisasi Nasional (BSN) akan menggelar pameran kendaraan listrik Electric Vehicle Standard Expo (EVSE) di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, 12-14 Juli 2023.

Beragam merek kendaraan listrik, penyedia jasa system charging, serta lembaga pengujian yang terkait dengan ekosistem kendaraan listrik, siap meramaikan event ini.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri menjelaskan, tidak hanya pameran, berbagai event seperti seminar, talkshow, dan test drive akan memeriahkan event, akan menambah pengalaman masyarakat atas penggunaan kendaraan listrik.

Baca Juga: Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023, Klaim Tembuskan Transaksi Rp379 Miliar

“EVSE diselenggarakan sebagai bentuk dukungan BSN terhadap implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019, yang tentunya kampanye disesuaikan dengan tupoksi BSN di bidang pengembangan standardisasi di Indonesia,” jelas Zul Amri, terkait kelangsungan pameran kendaraan listrik ini.

Volta menjadi salah satu brand yang ikut serta di pameran kendaraan listrik BSN (Foto: BSN)

Zul menerangkan, selama ini, BSN memang pernah melakukan kampanye serupa yaitu E-Bike Ride Tahun 2019 di Semarang Jawa Tengah, dan The 1st IEVE Tahun 2021 di Bandung Jawa Barat. EVSE 2023 diharapkan dapat semakin menguatkan keinginan masyarakat untuk beralih ke elektrifikasi.

“Dengan kampanye pameran kendaraan listrik dan standardisasi, kami harap, kegiatan EVSE dapat membantu menepis sebagian anggapan masyarakat bahwa kendaraan listrik tidak aman,” ujar Zul.

BSN sendiri telah menetapkan 38 SNI terkait electric vehicle. Kebijakan BSN selanjutnya adalah bagaimana bisa mendorong lembaga penilaian kesesuaian baik lembaga sertifikasi maupun pengujian serta industri kendaraan listrik menerapkan SNI.

Dalam pameran kendaraan listrik ini, Zul berhatap tidak hanya dari sisi elektrifikasinya saja. Namun produk komponen kendaraan seperti ban, pelek kendaraan, kaca mobil dan sebagainya juga bisa ber-SNI.

Dengan ber-SNI, produk semakin terjamin kualitas dan keamanannya. SNI akan membuat masyarakat semakin percaya dan merasa aman untuk menggunakan kendaraan listrik.

Baca Juga: Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bikin Pemerintah Pasang Target

Peserta pameran ini, di antaranya PT. PLN (Persero) Pusat Sertifikasi/Pusertif, PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY, TÜV NORD Indonesia, PT SGMW Sales Indonesia (Wuling), PT. INES, Davigo, PT. Triangle Motorindo (VIAR), Alva Auto, Hyundai, U Wind Fly, dan UGM.