POPULAR STORIES

Bulan Depan, Ganjil-Genap Akan Diterapkan Di Gerbang Tol Tambun

Bulan Depan, Ganjil-Genap Akan Diterapkan di Gerbang Tol Tambun Ilustrasi jalur ganjil genap (KO/Edo)

KabarOto.com - Menyusul pintu tol Bekasi Barat, Cibubur dan Kunciran, rencananya sistem ganjil-genap juga akan diterapkan di Gerbang Tol Tambun, Bekasi. Sistem tersebut diharapkan dapat mulai diberlakukan pada awal Desember mendatang.

"Ganjil-genap kita tambah lewat (Gerbang Tol) Tambun. Pemberlakuan ganjil-genap awal bulan Desember," ujar Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Hindro Surahmat, dalam keterangan resminya, Selasa (20/11/2018).

Lebih lanjut Hindro mengatakan, bahwa peraturan ganjil-genap arah Jakarta ini akan berlaku pada pukul 06.00-09.00 WIB. Saat ini, aturan tersebut masih disosialisasikan di Gerbang Tol Tambun hingga akhir November.

"Sebagai kompensasinya, kita menyiapkan 13 unit bus (di sekitar Gerbang Tol Tambun). Diharapkan para pengguna jalan beralih ke angkutan umum,” ujar Hindro.

Ganjil-Genap untuk mengurangi kepadatan

Baca Juga: Profil Jaguar F-Type

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, peraturan ganjil-genap di Gerbang Tol Tambun memiliki banyak manfaat. Salah satunya menurunkan kepadatan kendaraan hingga 30%.

"(Peraturan) ganjil-genap itu dapat meningkatkan kenaikan kecepatan (kendaraan) 30-40%. Penurunan kepadatan 30%. Itu kan berkaitan dengan CO2 (karbon dioksida). Jadi banyak manfaat diperoleh," ujar Budi.

Baca Juga: Waze Tambah Fitur Untuk Mendeteksi Ganjil Genap

Selain dapat menurunkan kepadatan, dengan adanya sistem ganjil-genap tersebut juga diharapkan masyarakat dapat beralih menggunakan kendaraan umum.

"Proses ganjil-genap ini proses edukasi. Kita mengharapkan masyarakat menggunakan angkutan massal. Setelah nggak ada masalah pun mereka naik bus," jelas Budi.

Sebelumnya, sistem ganjil-genap sudah direncanakan berlaku di Gerbang Tol Tambun pada Kamis (15/11/2018) lalu, namun diundur. Kebijakan ini juga merupakan salah satu cara Kemenhub mengatasi kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Kemacetan parah ini terjadi imbas proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated.