POPULAR STORIES

Buntut Panjang, Haas Tolak Tuntutan Ganti Rugi Uralkali

Buntut Panjang, Haas Tolak Tuntutan Ganti Rugi Uralkali Dok : Haas

KabarOto.com – Buntut atas invasi Rusia ke Ukraina berbuntut panjang, pada bulan Maret, tim Haas secara sepihak menghentikan kesepakatan sponsor Uralkali karena hubungan pemilik perusahaan Dmitry Mazepin dengan presiden negara itu, Vladimir Putin. Hal tersebut pun mengakhiri kontrak pembalap Nikita Mazepin, dan digantikan oleh Kevin Magnussen.

Haas telah menolak tuntutan dari mantan sponsor utama mereka, Uralkali untuk mengembalikan US$ 13 juta atau Rp 184 miliar yang telah dibayarkan, dan perusahaan Rusia itu juga menuntut kompensasi sekitar US$ 8,6 juta atau Rp 122 miliar.

Pembalap Nikita Mazepin digantikan oleh Kevin Magnussen

Baca juga: Max Verstappen Keluhkan Safety Car F1 Aston Martin: Seperti Kura-Kura

Dalam sebuah pernyataan Uralkali mengatakan bahwa telah mentransfer sejumlah uang untuk musim 2022, dan meminta pengembalian dana tersebut. “Karena sebagian besar dana sponsor untuk musim 2022 telah ditransfer ke Haas dan mengingat bahwa tim mengakhiri perjanjian sponsor sebelum balapan pertama musim 2022, Haas telah gagal. untuk melakukan kewajibannya kepada Uralkali untuk musim tahun ini. Uralkali akan meminta penggantian segera dari jumlah yang diterima oleh Haas."

Di sisi lain, Haas juga mengeluarkan pernyataan bahwa mereka menolak untuk mengembalikan dana tersebut. “Menurut para ahli hukum, pihak yang mengakhiri perjanjian karena pelanggaran pihak lain tidak berkewajiban untuk mengembalikan kepada pihak tersebut apa yang telah diterimanya berdasarkan perjanjian,” bunyi pernyataan tersebut.

“Klaim Uralkali untuk mendapatkan pembayaran kembali sejumlah uang muka sebesar 12 juta Euro karena itu tidak berdasar dan ditolak,” lanjut penyataan itu.

Haas menambahkan bahwa di luar uang yang telah dibayarkan, tim juga berhak atas kompensasi atas hilangnya keuntungan jika kesepakatan Uralkali berlanjut. Haas menjelaskan bahwa mereka tidak akan memenuhi perjanjian dalam kontrak aslinya. Salah satunya memberikan Uralkali mobil F1 Mazepin musim 2021. Apabila Uralkali tidak membayarkan kompensasi 8 juta Euro atau Rp 124 miliar.

Baca juga: Scuderia Ferrari Jauh Memimpin Usai F1 Australia 2022

“Kecuali dan sampai jumlah yang disebutkan di atas telah dibayarkan kepada Haas, tidak ada kewajiban di pihak Haas untuk menyerahkan dan tidak ada pengiriman mobil F1 yang akan terjadi,” bunyi pernyataan tersebut.