POPULAR STORIES

Buruan Wajib Kolektor Mobil, Ada BMW E30 M3 EVO II Siap Dilelang

Buruan Wajib Kolektor Mobil, Ada BMW E30 M3 EVO II Siap Dilelang sumber: themarket.co.uk

KabarOto.com – Tidak hanya Mitsubishi yang punya mobil dengan label Evo, BMW ternyata juga punya EVO. Bukan mobil biasa, melainkan versi spesial dari generasi E30 M3, dan pastinya populasinya sangat terbatas di dunia.

Sekilas sejarah dari seri EVO pada E30 M3, sebenarnya dulu BMW sudah memiliki divisi M untuk membuat mobil balap performa tinggi. Tapi peraturan ikut kompetisi balap DTM tidak boleh pakai mobil khusus balap dan harus mobil yang dijual masal. Maka lahirlah E30 M3 dan ternyata sukses besar, sehingga dibuat E30 M3 EVO untuk ikut partisipasi balap DTM.

Mengingat mobil ini jumlahnya terbatas, ada kabar baik buat para kolektor, situs lelang online themarket.co.uk akan melelang sebuah BMW E30 M3 EVO II. Mobil ini merupakan 1 dari 500 unit langka yang sudah tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga : BMW Seri 8 Golden Thunder Edition, Simak Detailnya!

E30 M3 EVO II lansiran tahun 1988, berbalur warna Macau Blue, dengan nomor sasis WBSAK01012191700. Target angka penjualannya minimal sekitar US$ 50.000 hingga US$ 70.000, atau kurang lebih Rp1 miliar.

Apa saja sih bedanya? Pertama pastinya dari bagian eksterior, walau sekilas mirip dengan versi M3 biasa, namun ada beberapa detail cukup signifikan yang berguna untuk mendukung performa. Misalnya saja bagian fender depan dan belakangnya dibuat lebih lebar, selain lebih aerodinamis, hal ini diperlukan karena penggunaan tapak ban lebih lebar, demi memberikan traksi maksimal dan pengendalian presisi.

Bagian belakangnya bagasi dan spoiler dibuat lebih tinggi, tujuannya agar aliran angin dapat mengalir langsung ke spoiler demi memberi efek downforce maksimal. Pokoknya setiap lekukan pada mobil ini sudah diperhitungkan agar hambatan angin dapat diminimalisir.

Baca Juga : BMW M5 Dan M5 Competition, Tak Sekadar Facelift

Menggunakan pelek lansiran BBS berukuran 16 inci lebar 7,5 dan bersertifikat dari pabrik pembuatnya, ban menggunakan 225/45.

Suspensinya pun sudah dibuat lebih keras agar rigid, dan sudut casternya lebih mumpuni saat kecepatan tinggi.

Spesies langka ini juga dibekali oleh mesin 4 silinder DOHC berkapasitas 2.300 cc, dengan beberapa upgrade seperti ECU Bosch, piston baru, flywheel lebih enteng, dan air intake lebih efisien. Hasilnya tenaga lebih maksimal yakni 223 dk, naik sekitar 10% dari sebelumnya. Transmisi menggunakan model manual 5 percepatan.

Bagian kabin keadaan masih full standar dan terawat, didominasi warna abu-abu atau disebut Buffalo Silver. Bagian door trim, trim jok bahan perpaduan kulit dan fabric yang masih mulus, fitur-fitur entertainment head unit merek Kenwood. AC kondisi normal dan komplet, serta paling spesial adalah emblem di tengah menunjukkan angka 114/500 sebagai identitas produksi mobil ini. Jarak tempuh bisa dibilang cukup jauh yakni 125,640 mil atau 202.000 km lebih.

Berminat dengan mobil ini?