POPULAR STORIES

Bushing Aftermarket Ini Bikin Gejala Mobil Limbung Berkurang

Bushing Aftermarket Ini Bikin Gejala Mobil Limbung Berkurang Bushing aftermarket bermerek Protoflex (Foto: KabarOto.com)

KabarOto.com - Untuk bagian kaki-kaki mobil, baik link stabil atau stabilizer, biasanya ada bushing yang digunakan pabrikan namun bahannya masih karet biasa.

Penggunaan bahan karet ini sendiri sebenarnya lebih baik untuk meredam getaran. Tapi punya kekurangan, misalnya umur pakai lebih pendek karena karet mudah terdegradasi akibat kondisi, lalu karena bahannya fleksibel bisa membuat pengendaraan mobil bisa tidak responsif, dan limbung.

Sekarang sudah ada produk bushing aftermarket bermerek Protoflex. Bahannya menggunakan polyurethane yang lebih keras, dan awet, serta dapat menambah performa handling mobil, gejala limbung berkurang.

Baca Juga : Begini Kelebihan Slang Rem Braided

"Bahannya dari PU atau Polyurethane, jadi lebih kaku dari karet bushing standar. Dari kaku itu, mobil tidak terlalu bergerak yang menyebabkan limbung," ujar Eric selaku punggawa YH Brakes.

Produk buatan Indonesia ini bersifat penggantian, sehingga bentuknya sudah disesuaikan dengan bushing bawaan pabrikan untuk masing-masing model mobil. Penempatannya pun ada beberapa titik di setiap mobil, namun titik yang pasti diganti adalah bagian bushing link stabil, bushing anti roll, dan bushing lateral control.

Baca Juga : Upgrade Performa Pengereman Mobil Dengan Disc Brake Aftermarket

Soal harga, banderolnya beragam mulai dari Rp 150 ribuan untuk satu titik bushing, hingga paket komplet Rp 4,45 jutaan.