POPULAR STORIES

Begini Kelebihan Slang Rem Braided

Begini Kelebihan Slang Rem Braided Ilustrasi slang rem braided (KabarOto)

KabarOto.com - Slang rem menjadi penghubung dari booster rem, hingga ke kaliper. Fungsinya pun mengalirkan cairan rem bertekanan ke kaliper agar piston bisa mendorong kampas agar bergesekan dengan piringan rem.

Slang rem bawaan pabrikan biasanya menggunakan bahan nilon. Bahan ini sendiri sejatinya sudah cukup untuk pemakaian harian, namun jika mobil kalian sering diajak jalan jauh, ada baiknya ganti slang rem ke bahan braided.

Slang mobil standar. Foto : Daihatsu.

Baca Juga : Mau Kuras Cairan Rem Mobil? Bisa Datang Ke Tempat Ini

"Kalau nilon saat kita bawa mobil dalam waktu cukup lama, itu kan panas. Maka selang bisa mengembang, dan ujung-ujungnya pengereman tidak maksimal," jelas Eric punggawa YH Brakes.

Slang rem braided. Foto : Goodridge.

Sementara kelebihan slang rem braided adalah tidak akan mengembang seperti nilon, serta lebih tahan terhadap tekanan tinggi, terutama saat pengereman maksimal, karena tekanan cairan rem sepenuhnya mengarah mendorong ke piston.

Baca Juga : Rem Tromol Honda Jazz GK5 Dan City Hatchback Bisa Konversi Ke Cakram, Segini Biayanya

"Kalau nilon ketika kita rem maksimal, cairan rem yang punya tekanan akan mendorong piston rem, namun kalau sudah tekanan rem penuh, maka cairan akan bergerak ke sisi terlemah yakni slang, sehingga selang nilon bisa mengembang," jelas Eric.