POPULAR STORIES

Mau Kuras Cairan Rem Mobil? Bisa Datang Ke Tempat Ini

Mau Kuras Cairan Rem Mobil? Bisa Datang ke Tempat Ini

KabarOto.com - Mau kuras cairan rem mobil? mungkin YH Brakes di kawasan Serpong, Tangerang Selatan bisa menjadi pilihan. Selama ini, pemilik mobil sering terlewat untuk merawat rem. Mereka lebih lebih mementingkan penggantian oli mesin, dan transmisi. Padahal yang menjadi salah satu faktor penyelamat utama dalam sebuah mobil adalah rem.

Sederhananya, cara kerja rem adalah kaliper rem didorong oleh cairan rem bertekanan, sehingga piston dapat terdorong dan membuat kampas menjepit disc brake atau piringan rem, sehingga terjadilah gesekan antara kampas dan piringan membuat mobil melambat.

Baca Juga : Begini Alasan Mobil Modern Lebih Baik Pakai Oli Encer

Namun perlu diketahui, cairan rem harus dikuras dalam jarak tempuh tertentu, tujuannya agar sistem pengereman bekerja optimal, dan tidak terjadi kesalahan seperti rem mengunci dan sebagainya.

Cairan rem terkontaminasi dengan air bertanda merah.

Baca Juga : Stiker Bening Ini Bikin Spion Mobil Jadi Jernih Saat Hujan

"Untuk perawatan biasanya kita cek dulu pakai alat, apa cairan rem ini sudah terkontaminasi air atau tidak. Karena cairan rem sifatnya menyerap kelembapan, sehingga pasti seiring waktu terkontaminasi dengan air dari luar, faktor panas rem, dan sebagainya," ujar Eric pemilik dari YH Brakes di kawasan Gading Serpong.

Biasanya pengecekkan bisa dilakukan selama 15.000 km sekali, jika memang ada kontaminasi atau ketika diperiksa cairan remnya sudah tidak bagus kondisinya sebaiknya dikuras.

Cairan rem baru yang kondisinya bagus.

"Untuk kuras biasanya mobil biasa misalnya Avanza itu cukup 1 botol atau 1 liter, di sini bisa kita kasih itu Brembo DOT 4," jelas Eric.

Pekerjaan yang dilakukan tidak memakan waktu lama kok, bahkan bisa ditunggu. Karena proses bleeding cairan rem hingga tidak ada udara terjebak dilakukan dengan hati-hati agar hasilnya maksimal. Harganya terjangkau, Rp 450 ribu saja sudah termasuk cairan remnya dan pengerjaan.