POPULAR STORIES

Upgrade Performa Pengereman Mobil Dengan Disc Brake Aftermarket

Upgrade Performa Pengereman Mobil Dengan Disc Brake Aftermarket Foto : KabarOto. Ilustrasi piringan rem slotted dan drilled.

KabarOto.com - Biasanya kita lihat piringan rem mobil sport terdapat semacam motif seperti bergaris, atau berlubang. Namun sekarang beberapa pabrikan aftermarket ternyata juga buat piringan rem ala mobil sport, tapi bisa dipakai mobil umum.

Biasanya di piringan rem aftermarket ada semacam motif yang dinamakan slotted atau garis, dan drilled atau berlubang.

Piringan rem standar polos.

Baca Juga : Rem Tromol Honda Jazz GK5 Dan City Hatchback Bisa Konversi Ke Cakram, Segini Biayanya

Sekadar informasi, tujuan dibuat garis dan lubang ini bukan hanya estetika agar tampilan mobil lebih sporty. Namun membuat gaya gesek lebih besar, dan pelepasan panas jadi lebih cepat.

Contoh rem mobil sport.

"Dengan merubah piringan rem yang awalnya polos, diganti dengan aftermarket yang ada slotted dan drilled, maka perubahannya cukup signifikan dari gaya geseknya," ujar Eric selaku pemilik YH Brakes.

Baca Juga : Begini Kelebihan Slang Rem Braided

Ubahan ini juga terbilang plug and play, karena ukurannya sama seperti standarnya. Hanya saja bahan dan motifnya saja yang berbeda, membuat piringan rem lebih tahan panas.

Contoh disc brake aftermarket. Foto : Brembo.

Soal harga, bervariasi tergantung tipe dan merek, di marketplace ada yang juga mulai dari Rp 1,2 hingga 5,6 jutaan keatas juga ada, jadi tinggal pilih sesuai budget kalian Sob!