POPULAR STORIES

Ini Cara Mudah Bedakan Big Brake Kit Orisinal Dan Palsu

Ini Cara Mudah Bedakan Big Brake Kit Orisinal dan Palsu Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Big Brake Kit (BBK) atau rem besar biasanya digunakan di mobil performa tinggi supaya bisa mengendalikan tenaga buas sebuah mobil. Namun saat ini pemakaian BBK juga bisa dibeli aftermarket untuk mobil biasa sebagai modifikasi.

Namun hati-hati sebab banyak diluar sana dengan merek tertentu, namun ternyata barang yang dijual adalah palsu. Sehingga cukup bahaya jika kita membeli barang tersebut karena kualitas tidak terjamin, gagal mengerem, atau piston terkunci menjadi beberapa akibatnya.

Oleh karenanya Steven dari Brakeshop.id memberikan sedikit tips membedakan BBK asli dan palsu. Ternyata caranya cukup mudah jika beli tipe aftermarket di beberapa merek.

Baca Juga : Ganti Pelek Dan Ban Baru? Harus Langsung Wheel Alignment

“Biasanya untuk merek seperti AP Racing, dan Brembo yang banyak digunakan, itu sudah ada kode barcode di salah satunya. Jika di-scan melalui aplikasi, makan akan keluar notifikasi bahwa produk asli,” ujar Steven.

Lalu cara lain adalah melihat fisik barangnya, sebab merek seperti Brembo itu cukup banyak palsunya. Namun tipe OEM memang tidak ada barcode, tapi kalian bisa pegang di bagian seal karet piston, bahannya akan berbeda kualitasnya walau ada embos dan sebagainya.

Baca Juga : Bubut Jadi Solusi Rem Mobil Getar Dan Bunyi

Komponen seperti seal bisa juga dibuat palsu, sehingga wajib diperhatikan.

Dari harga juga mungkin bisa jadi patokan, sebab BBK asli bisa sampai Rp 32 jutaan paling murahnya. Sementara BBK palsu biasanya dijual dengan harga sekitar belasan juta saja satu set depan saja.