POPULAR STORIES

Bubut Jadi Solusi Rem Mobil Getar Dan Bunyi

Bubut Jadi Solusi Rem Mobil Getar dan Bunyi Ilustrasi (Foto : KabarOto)

KabarOto.com - Jika mobil sudah lama digunakan, dan Sobat KabarOto merasakan ketika mengerem mobil terasa bergetar, atau rem berbunyi kemungkinan piringan rem mobil kalian bergelombang tuh.

Jika kondisinya sudah seperti ini, jangan buru-buru kalian ganti piringan rem kalian. Sebab jika kondisinya ternyata masih tebal, bisa kok dibubut terlebih dahulu supaya permukaan piringan jadi rata kembali.

Alat yang akan tersambung ke hub roda.

Penyebab piringan rem bergelombang bisa jadi karena penggunaan, mobil melakukan hard braking, atau menggunakan kampas rem palsu yang materialnya keras, membuat piringan rem kalah karena tekanan kaliper.

Baca Juga : Wiper Wealthy Punya Teknologi Suspensi Unik

"Kita bubut pakai alat, jadi nanti alat ini disambung ke hub roda mobil, dan diputar. Nanti ada pisau untuk mengikis sedikit demi sedikit permukaan piringan sampai nantinya semuanya rata," ujar salah satu mekanik dari bengkel Fast n Frugal di kawasan Joglo, Jakarta Barat.

Alat yang akan mengikis piringan rem.

Pengikisannya pun tidak banyak kok, hanya beberapa milimeter saja tergantung seberapa parah gelombang yang dialami piringan rem, jadi tidak perlu khawatir kalau piringan rem akan tipis, sebab masih dalam batas aman kok Sob.

Baca Juga : Begini Proses Kuras Oli Matik Mobil Gunakan Mesin Canggih

Setelah melakukan bubut pengendara juga bisa menyesuaikan terlebih dahulu remnya, jangan langsung melakukan rem mendadak, sebab permukaan yang halus akan membuat mobil terasa lebih tidak pakem pada awal pemakaian, butuh beberapa kilometer agar permukaan piringan dan kampas bisa sejajar.