POPULAR STORIES

Canggihnya Setir Masa Depan Mobil Otonom Milik Jaguar Land Rover

Canggihnya Setir Masa Depan Mobil Otonom Milik Jaguar Land Rover Tampilan Setir Masa Depan Sayer (foto: Carscoops.com)

Kabaroto.com- Meskipun banyak produsen otomotif yang akan menghilangkan setir atau steering wheel di mobil otonom, hal berbeda dilakukan oleh Jaguar Land Rover. Pabrikan mobil premium Inggris ini akan tetap mempertahankan setir pada mobil masa depannya.

Dinamai "Sayer", setir portable yang telah dilengkapi kecerdasan buatan ini mampu merespon instruksi suara pengemudi. Canggihnya setir "Sayer" buatan Jaguar Land Rover ini bisa dilepas dan dibawa kedalam rumah layaknya setir pada mobil F1.

Baca Juga:

Seperti dikutip dari laman Carscoops, Rabu (6/9/2017) Jaguar Land Rover mengungkapkan bahwa setir mobil masa depannya tersebut mampu mengemban 100 tugas berbeda dan menjadi setir dengan kecerdasan buatan pertama yang bisa diaktifkan menggunakan perintah suara.

Nantinya setir ini juga bisa digunakan diberbagai model masa depan dari Jaguar Land Rover karena Sayer mampu merekam data pengemudi, seperti posisi mengemudi favorit, temperatur, perangkat hiburan, dan setting satelit navigasi.

"Sayer bisa menjadi bagian dari mobil otonom yang bisa Anda miliki secara pribadi. Tak hanya itu, Sayer juga bisa menjadi pendamping dirumah untuk mengontrol berbagai perangkat elektronik di rumah. Sayer akan menjadi langkah awal menuju visi masa depan Jaguar Land Rover." ujar seorang juru bicara Jaguar Land Rover.

Nama Sayer sendiri diambil dari salah satu nama desainer paling menonjol di Jaguar yakni Malcolm Sayer yang bekerja diantara tahun 1951 dan 1970. Setir canggih Sayer bakal tampil di acara JLR Tech Fest di London, Inggris 8 September mendatang.