POPULAR STORIES

Cara Mudah Periksa Rangka ESAF Motor Honda, Berkarat Atau Tidak

Cara Mudah Periksa Rangka eSAF Motor Honda, Berkarat atau Tidak Bagian rangka New Honda Vario 160 (Kipli/ Celvin)

KabarOto.com - Belakangan ini ramai pemberitaan soal rangka eSAF motor Honda berkarat, bahkan menyebabkan patah. Nah, bagi Anda pemilik kuda besi berlambang sayap, dan menggunakan rangka tersebut, ada baiknya melakukan pemeriksaan secara mandiri. Caranya cukup mudah.

Baca Juga: Baru 3 Minggu Dipakai, Rangka New Honda Vario 160 Milik Pemuda Ini Karatan

rangka eSAF bagian batang tengah depan

Gregorius Celvin, pengguna New Honda Vario 160, setelah meluhat informasi dari sosial media, langsung melakukan pengecekkan. Ternyata juga mengalami karat di bagian bawah jok, dan juga rangka depan dekat klakson. Ia lantas memberikan cara melihatnya.

"Kalau saya mengalaminya di rangka bagian kanan, bahkah ada yang sudah mulai 'menganga' baiknya memang dibuka secara keseluruhan," ujar Gregorius Celvin.

Ia bilang, cara mengecek rangka relatif mudah, namun harus hati-hati dalam membuka bodi, yakni menyediakan obeng kembang (plus) untuk membuka masing-masing bodi yang menutup rangka.

Baca Juga: Sekilas Soal Rangka Motor Honda ESAF

Bisa diintip dari bawah jok, dan sudah ada korosi yang terlihat

"Paling mudah untuk bodi samping dan bawah, dari situ bisa dilihat ada beberapa baut yang bisa dibuka menggunakan obeng kembang. Sisanya hanya perlu ketelitian saja, karena bodi Vario160 seperti punya saya diikat menggunakan beberapa klip, sabar dan pelan-pelan untuk bukanya," ujar Celvin, sapaannya.

Celvin menambahkan, jika masih ragu untuk membuka bodi karena sulit, bisa minta montir terpercaya untuk melakukannya sekaligus melakukan inspeksi rangka yang berkarat.

"Cara paling mudah, bermodal senter dari handphone jika terlalu gelap dan bisa intip lewat celah bodi, seperti di bagian standar samping atau bodi plastik bagian bawah, buka jok dan intip sela-selanya. Kalau ada karat pasti kelihatan, apalagi motor ini relatif baru, belum banyak kotoran yang bersarang," tutupnya.