POPULAR STORIES

Cegah Pemudik Kembali Ke Jakarta, Korlantas Polri Siapkan 300 Titik Penyekatan

Cegah Pemudik Kembali ke Jakarta, Korlantas Polri Siapkan 300 Titik Penyekatan Check point yang disipkan Polri

KabarOto.com - Saat pemerintah melarang untuk mudik, masih ada saja masyarakat yang nekat mencari jalan untuk bisa sampai ke kampung halaman. Banyak kendaraan yang lolos meninggalkan Jakarta dan tidak terdeteksi oleh petugas di titik-titik penjagaan. Mereka boleh bergembira bisa sampai di Kampung halaman, berlebaran.

Tanpa disadari, mereka membawa virus dari Jabodetabek yang menjadi daerah zona merah Covid-19. Bahkan saat mereka kembali ke Jabotabek, mereka juga bisa membawa virus corona ke rumahnya.

Baca Juga: Angka Jumlah Pemudik Yang Dicegat Sudah Alami Penurunan

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang dibawa pemudik yang nekat melanggar aturan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, akan menyiapkan 300 titik. “Kami siapkan sekitar tiga ratusan titik, dengan skema yang kecil-kecil," jelas Kabag Ops Korlantas Polri, Brigjen Benyamin, dikutip dari website Korlantas Polri.

Dia menambahkan, yang bersifat posko besar, tetap ada yang 56 pos yang digunakan. "Karena antar kabupaten sekarang kita pastikan akan kita aktifkan semua,” terangnya lagi.

Untuk memaksimalkan langkah tersebut, Korlantas Polri tidak hanya melakukannya pada ruas tol saja, akan merambah jalur non-tol. Penyekatan dilakukan kepada setiap kendaraan yang ingin masuk ke wilayah, tetapi bukan dari tempat asalnya.

“Misalnya kendaraan yang dari Jawa Timur dia mau masuk ke Jawa Tengah, kita perintahkan untuk kembali ke Jawa Timur lagi," tambahnya. Dia mengimbau agar masyarakat tak melakukan perjalanan keluar dari tempat asal, karena petugas Kepolisian akan melakukan memutar balik mereka yang tak mempunyai surat keterangan.

Baca Juga: Melalui Jalur Tikus Ratusan Travel Gelap Yang Bawa Pemudik Ditangkap

“Kita akan putarbalikkan, kalau memaksakan diri resikonya akan ditanggung oleh masyarakat, bisa terombang ambing karena setiap kabupaten akan disekat,” tegasnya.