POPULAR STORIES

Cegah Rusak Lingkungan, Hankook Sediakan 6 Ribu Liter Asam Format Untuk Petani Karet Kalimantan

Cegah Rusak Lingkungan, Hankook Sediakan 6 Ribu Liter Asam Format untuk Petani Karet Kalimantan Hankook

KabarOto.com - Produsen ban Hankook Tire mengaku ingin memperkuat komitmen dalam meningkatkan keberlanjutan lingkungan lewat rantai nilai dari karet alam, yang merupakan bahan baku untuk ban.

Perusahaan mengumumkan akan menyediakan formic acid (asam format) untuk petani karet di Kalimantan Barat, Indonesia. Produksi ban menyumbang sekitar 70% dari konsumsi karet dunia, dan diperkirakan sekitar 85% dari produksi karet bergantung dari para petani kecil di Asia Tenggara.

Baca juga: Dua Ban Off-Road Hankook Raih Penghargaan Desain Terbaik

Mengatasi masalah tersebut, Hankook Tire menyediakan formic acid (asam format), sebuah bahan penggumpal atau koagulan, yang diklaim ramah lingkungan, kepada petani lokal Indonesia.

“Selama 80 tahun Hankook berdiri, saya percaya bahwa kami selalu bekerja dengan nilai yang bertujuan membangun bumi yang lebih baik. Selalu membawa visi kelestarian, kami akan terus menyertakan inisiatif-inisiatif peduli lingkungan dalam bisnis kami,” tutur Sooil Lee, selaku President dan CEO dari Hankook Tire & Technology.

Baca juga: Berkat Material Ramah Lingkungan, Ban Hankook Terima Penghargaan ISCC Plus

Asam format klaimnya merupakan bahan yang lebih ramah lingkungan karena berdampak lebih minim pada pepohonan dan berisiko lebih rendah bagi pencemaran air. Asam format juga aman digunakan dalam lingkup kerja karena kandungan racun yang lebih rendah dan memberikan dampak iritasi yang lebih kecil.

Hankook akan memberikan 6 ribu liter asam format ke lebih dari 100 petani karet di bawah naungan manajemen Kirana, perusahaan pengolah karet Indonesia.

Gagasan ini merupakan upaya Hankook untuk melestarikan lingkungan sebagai anggota dari Global Platform for Sustainable Natural Rubber (GPSNR), atau sebuah organisasi internasional yang dibentuk untuk menentukan rantai nilai karet alam.