POPULAR STORIES

Daftar 21 Bengkel Konversi Motor Listrik Tersertifikasi Kemenhub

Daftar 21 Bengkel Konversi Motor Listrik Tersertifikasi Kemenhub Konversi motor konvensional menjadi listrik (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah secara resmi menghadirkan program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB,) berupa bantuan dan insentif fiskal. Tak hanya motor listrik baru, ada 21 bengkel konversi yang sudah tersertifikasi Kemenhub juga mendapatkan subsidi.

Berlangsung secara bertahap, program ini akan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk produsen KBLBB untuk memastikan keberhasilan program, dan mendorong penggunaan KBLBB di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Kementerian ESDM Siapkan Platform Digital Dukung Konversi Motor Listrik

Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Pemerintah secara resmi meluncurkan program ini, sehingga adopsi masal penggunaan KBLBB dapat segera terwujud. "Industri yang terbangun nanti, juga bisa memperkuat posisi Indonesia dalam rantai nilai sumber daya mineral baterai serta kendaraan," papar Luhut.

Percepatan KBLBB ini menurut dia, juga akan memberikan dampak positif bagi terciptanya lapangan kerja sebanyak-banyaknya, khusus di eksosistem industri KBLBB.

Untuk kendaraan roda dua, Pemerintah juga memberikan bantuan lain, berupa potongan harga sebesar Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik baru atau konversi.

"Dukungan tambahan yaitu, bantuan pemerintah untuk sepeda motor istrik baru dan konversi. Kami memberikan bantuan pemerintah untuk untuk motor listrik. Nilai bantuannya Rp7 juta per unit untuk motor listrik baru dan konversi," jelas Sri Mulyani.

Bantuan pemerintah untuk motor listrik baru akan dikelola Kementerian Perindustrian, sedangkan untuk motor konversi dilakukan Kementerian ESDM.

Baca Juga : Blak-blakan Sri Mulyani Soal Anggaran Subsidi Motor Listrik Dan Konversi, Berapa Ya?

Terkait penerima bantuan, bagi motor listrik baru, akan diberikan kepada UMKM penerima KUR, penerima produktif usaha mikro dan bantuan subsidi upah, serta subsidi listrik 450 - 900 VA. Untuk motor konversi tidak ada batasan.

Berikut daftar 21 bengkel konversi motor listrik:

1. Elders Garage - Jakarta
2. Juara Bike / Selis - Tangerang
3. Litbang KESDM - Bogor
4. PT braja Elektrik Motor - Surabaya
5. Braja /Kampus ITS Surabaya
6. PT Nagara Sains Konversi- Jakarta
7. PT Handhika Garda Parama – Jakarta
8. Percik Daya Nusantara – Denpasar
9. PT Tri Mentari Niaga/ BRT – Bogor
10. PT Roda Elektrik Gemilang – Denpasar
11. PT Cogindo daya Bersama – Cirebon
12. PT Spora EV – Jakarta
13. PT Sarana Makmur Sejahtera – Mojokerto
14. PT Strum Techology Asia – Jakarta
15. PT Mitra Metal Perkasa – Karawang
16. PT Ide Inovatif Bangsa – Bali
17. CV Karya Kartanagari Group – Bogor
18. Politeknik Negeri Jakarta – Jakarta
19. PTDI – STTD – Bekasi
20. PT Electric Vehicle Trimotorindo
21. PT Ekoelektrik Konversi Mandiri