POPULAR STORIES

Dakar 2021 – Stage 12: Kevin Benavides Jadi Juaranya!

Dakar 2021 – Stage 12: Kevin Benavides Jadi Juaranya! Kevin Benavides #47 berhasil meraih gelar juara Reli Dakar 2021

Kabaroto.com – Meski finis di posisi kedua selesaikan Stage 12, Pereli motor tim Monster Energy Honda, Kevin Benavides berhasil menjuarai Reli Dakar 2021 kelas sepeda motor, Jumat (15/01). Sebab catatan waktu hari ini membuatnya masih unggul di klasemen akhir.

Pereli asal Argentina itu menyelesaikan Stage 12 dengan rute Yanbu ke Jeddah, Arab Saudi dengan total jarak 447 km ini mampu menyelesaikan Special Stage sejauh 200 km torehkan waktu 2 jam 19 menit 19 detik.

Adapun Juara Dakar 2020, Ricky Brabec yang juga rekan setim Benavides, kali ini hanya menjadi runner-up podium Dakar 2021. Karena catatan waktu keseluruhan terpaut nyaris 5 menit.

Baca Juga : Simak Profil Truk Kamaz Yang Kerap Menangkan Balap Reli Dakar

Sementara itu, rival sengitnya dari KTM, Sam Sunderland tak bisa berbuat bayak di stage pamungkas. Kesulitan membaca navigasi membuatnya tak menemukan jalur tepat sehingga kehilangan banyak waktu.

Kevin Benavides #47 (tengah), Ricky Brabec #1 (kiri), Sam Sunderland #5 (kanan)

“Saya melakukan sebaik mungkin untuk balapan terakhir iini, saya tidak kecewa. Saya sangat berusaha keras hari ini dan memulai dengan baik, tetapi saya tidak dapat menemukan Waypoint (WP) di bukit pasir dan saya mencari di sana selama sepuluh menit. Saya memberikan yang terbaik di semua balapan dan saya menduduki posisi ke-3,” ungkap Sam Sunderland.

Tentu gelar juara Benavides tidak luput dari perforrma Sunderland yang kurang baik, Sunderland saat memasuki waypoint km 99 dia disalip oleh duo Honda, yaitu Benavides dan Brabec membuat waktunya tertinggal 10 menit dari Benavides.

Memasuki km 149, Ricky Brabec terus memimpin bersama Benavides hingga garis finis. Dengan hasil Brabec finis ke-1 sementara Benavides ke-2. Alhasil, Benavides menjadi juara Reli Dakar 2021 sekaligus menjadi juara pertama untuknya.

Baca Juga : Polaris RZR S 1000 Premium, Buat Menengok Kebun

Daniel Sanders #21

“Saya mencoba yang terbaik. Cukup keren untuk menyelesaikannya dengan posisi satu-dua, tetapi jelas langkah teratas lebih baik daripada kedua. Kami sedikit kesulitan di minggu pertama, tetapi selama minggu kedua kami kembali cukup kuat dan bisa mengejar,” ungkap Ricky Brabec.

Rookie dari KTM, Daniel Sanders bertahan di posisi ke-4 sementara Skyler Howes (KTM) berhasil mempertahankan posisi ke-5 di klasemen akhir, usai bertarung melawan Sherco Lorenzo Santolino (Sherco Factory).

Dengan hasil balapan hari ini, membuat gelar juara kedua kali berturut-turut untuk Honda setelah tahun lalu diraih oleh Brabec. Di samping itu, status Juara Dakar kali ini juga menjadi terasa spesial bagi tiim Honda karena kembali merengkuh posisi pertama dan kedua sejak 1987.

Baca Juga : Calon Pengganti Davide Brivio Untuk Suzuki Ecstar, Banyak Yang Mengajukan

Kemenangan ini menjadi hari spesial bagi tim Honda

Seusai balapan, Benavides tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya karena selain menjadi juara, ia juga berhasil mencatatkan sejarah sebagai orang Amerika Selatan pertama yang menjuarai Reli Dakar.

"Saya sangat bangga menjadi orang Amerika Selatan pertama yang memenangi gelar juara. Sebelumnya mimpi saya adalah mampu membuat sejarah dan akhirnya saya bisa mewujudkannya,"ungkap Kevin Benavides.

Berikut Hasil Stage 12 dan Klasemen Akhir kelas Motor Dakar 2021:

Hasil Stage 12
Klasemen akhir kelas motor Dakar 2021