ETLE Portable Siap Tindak Pelanggar Lalu Lintas, Begini Bentuknya

ETLE Portable Siap Tindak Pelanggar Lalu Lintas, Begini Bentuknya Korlantas segera menghadirkan ETLE Portable ( @aan.suhanan67)

KabarOto.com - Korlantas Polri terus mengembangkan berbagai inovasi untuk menindak para pengendara yang nakal dan tidak patuh. Setelah meluncurkan ETLE statis dan mobile, Korlantas segera menghadirkan ETLE Portable.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, mengatakan alat ini disediakan untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas di jalan raya. Terlebih pada ruas belum terpasang teknologi tersebut.

Baca juga: Polisi Berencana Pakai Sistem Poin Untuk Pelanggaran Lalu Lintas

“Kami akan terus berinovasi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dan budaya tertib berlalu lintas,” ujar Brigjen Aan Suhanan dikutip dari laman NTMC, Jumat (13/1).

Dengan ETLE Portable, pelanggar lalu lintas bakal bisa dikenali nama maupun alamatnya. Sehingga dapat meningkatkan disiplin para pengguna jalan. Guna mewujudkan rencana tersebut Polda Metro Jaya akan menggandeng pihak-pihak lainnya.

Sebagai informasi, fitur AI (artificial intelligence) yang tersemat di kamera ETLE statis maupun mobile mampu mendeteksi berbagai macam pelanggaran lalu lintas. Sebut saja ganjil genap, pengendara sepeda motor tanpa helm, melawan arus, tidak menaati marka jalan, penggunaan handphone serta tidak menggunakan sabuk pengaman.

ETLE Portable (@aan.suhanan67)

Belum ada keterangan lebih lanjut soal ETLE Portable ini. Namun, dikutip dari laman instagram resmi Brigjen Aan Suhanan, ETLE Portable ini sudah diuji coba oleh Korlantas Polri. Dalam postingannya, Brigjen Aan Suhanan tengah mendampingi Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi dan terlihat alat ETLE Portable.

ETLE Portable berbentuk seperti layaknya genset atau mesin pembangkit listrik berbahan bakar solar. Uniknya, di bawahnya terdapat 4 ban. Sehingga, alat ini bisa dipindahkan.

Baca juga: Mazda 6 ETLE Mobile Milik Dirlantas Polda Metro Jaya, Mumpuni Tangkap Pelanggar Lalin

Di alat tersebut juga terpasang tiang yang melintang secara horizontal dan vertikal. Di atasnya terdapat beberapa kamera ETLE yang siap mengawasi para pelanggar lalu lintas.

Dalam postingan itu juga terlihat ada sebuah mobil milik Polisi yang diduga menjadi tempat petugas melakukan verifikasi data pelanggar untuk dikirim ke Command Center.

"Mendampingi Kakorlantas Polri Irjenpol Firman Santyabudi menyaksikan uji coba Etle portable.. Terus berinovasi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dan budaya tertib berlalu lintas," tulis Brigjen Aan Suhanan.