POPULAR STORIES

Formula E Jakarta E-Prix 2023 Round 11 Dilakukan 38 Lap, Strategi Baru Harus Diterapkan

Formula E Jakarta E-Prix 2023 Round 11 Dilakukan 38 Lap, Strategi Baru Harus Diterapkan Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Formula E Jakarta E-Prix 2023 memasuki Round ke-11 pada Minggu (4/6). Walau dilaksanakan di sirkuit yang sama, dengan mobil sama juga. Namun ada perbedaan dari putaran lap lebih banyak.

Pada Round 10 balapan dilakukan sebanyak 36 lap atau sekitar 85,32 km. Sementara pada Round 11 balapan akan sedikit lebih lama karena dilaksanakan sebanyak 38 lap atau 90,06 km.

Dengan jarak yang lebih jauh, ini akan jadi tantangan tersendiri bagi setiap pembalap dan tim. Karena harus memperhitungkan manajemen baterai, dan ban secara efektif.

Baca Juga : Begini Kelebihan Ban Formula E, Hankook ION Race

Ban yang dialokasikan pada balapan Formula E sangat terbatas untuk double-header seperti di Jakarta, setiap pembalap hanya diberi 6 pasang ban. Sehingga harus memaksimalkan penggunaannya selama dua hari.

Lalu strategi manajemen baterai juga harus dilakukan secara tepat. Tentunya tim tidak bisa menerapkan strategi Round 10 di Round 11. Sebab seperti kita tahu, saat pemenang Round 10 yang berjarak 85,32 km Pascal Wehrlein (Tag Heuer Porsche) saja sudah hampir kehabisan baterai saat memasuki finis. Sementara pada Round 11 masih ada dua lap lagi harus dilewati.

Baca Juga : Hasil Formula E Jakarta E-Prix 2023 Round 10, Pascal Wehrlein Raih Kemenangan

Jadi walau balapannya dua hari berturut-turut di tempat sama, tapi kita akan disuguhkan aksi berbeda dengan strategi baru dari setiap timnya. Sekaligus jadi kesempatan bagi pembalap lainnya memperbaiki posisi finis di seri sebelumnya.