POPULAR STORIES

Fungsi Drone ETLE Selain Untuk Melakukan Penilangan

Fungsi Drone ETLE Selain untuk Melakukan Penilangan Pesawat tanpa awak atau drone milik Korlantas Polri (NTMC Polri)

KabarOto.com - Korlantas Polri berencana menggunakan teknologi pesawat tanpa awak atau drone untuk menerapakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. Tak hanya itu, Drone tersebut bisa juga difungsikan sebagai pengawasan arus lalu lintas.

“Jadi kita sedang mengkaji, menguji dan melihat rencana kita yang akan membuat satu pendukung untuk patroli kita, pengawasan arus lalu lintas dengan menggunakan pesawat tanpa awak,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan.

Baca Juga: Polda Jateng Gunakan Drone ETLE Tindak Pelanggar Lalu Lintas

Ia mencontohkan, saat terjadi kemacetan, polisi yang bertugas bisa melakukan patroli ke ujung daripada sumber kemacetan tersebut menggunakan drone. Sehingga, pantauan dari drone ini akan dikirimkan ke command center.

"Dari situ langsung ada komando kepada anggota yang dilapangan untuk mengurangi kemacetan tersebut,” tambah Aan.

Teknologi tersebut bisa mempermudah petugas saat akan melakukan survey dan monitoring suatu ruas yang mungkin tidak bisa melalui jalur darat. Ke depan, teknologi tanpa awak akan dikembangkan untuk penegakan hukum melalui ETLE.

Drone ETLE yang digunakan Polda Jawa Tengah (NTMC)

"Nantinya dengan kamera yang sesuai dengan specs tadi ya bisa meng-capture plat nomornya, bisa mengcapture pelanggarannya apa termasuk kecepatan,”pungkasnya.

Drone diciptakan untuk surveyor dan monitoring, dengan keunggulan menggunakan baterai yang bisa bertahan selama 3 jam dan dapat memperbesar gambar atau zoom 40 hingga 80 kali dari kamera biasanya.

Baca Juga: ETLE Portable Siap Tindak Pelanggar Lalu Lintas, Begini Bentuknya

Sehingga akan terlihat lebih jelas, bisa meng-capture objek, radius 40-50 km dari take off, diterbangkan dengan Vertical Take-Off Landing atau VTOL.

Drone dirancang semudah mungkin, namun mengutamakan keselamatan. Dilengkapi dengan parasut, jika terjadi gangguan sinyal dan baterai melemah, pesawat akan kembali ke lokasi take off secara otomatis.