Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Di Daerah-daerah Wisata

Ganjil Genap Mulai Diberlakukan di Daerah-daerah Wisata pemberlakukan sistem ganjil genap (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Bagi Anda yang punya rtencana untuk bepergian ke tempat wisata di Indonesia, harus memperhatikan hal berikut ini. pemerintah akan menerpkan sistem ganjil genap di daerah-daerah wisata, setiap hari Jum'at sampai Minggu pukul 12.00 sampai 18.00.

Hal itu disampaikan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Penerapan ganjil genap tersebut, dalam rangka perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali sampai 20 September 2021.

Baca juga: Ganjil Genap Di Jakarta Juga Berlaku Saat Akhir Pekan

Ganjil Genap di Kota Bandung, Jawa Barat (Foto: Istimewa)

Luhut menjelaskan, pembatasan sistem lalu lintas tersebut, tujuannya untuk mengurangi jumlah kendaraan yang datang ke lokasi wisata. Hal itu dipercaya dapat mencegah kerumunan pengunjung di satu tempat.

"Jadi supaya jangan seperti yang terjadi di kasus Pangandaran di minggu yang lalu, di mana jumlah pengunjung luar biasa banyaknya," terang Luhut, Senin kemarin (14/09).

Luhut pun menjelaskan, saat ini Pemerintah sedang mempersiapkan untuk hidup bersama Covid-19. Ada tiga kunci menurut dia agar bisa bertahan hidup berdampingan dengan virus tersebut, di antaranya cakupan vaksinasi, pelaksanaan pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) serta protokol kesehatan.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Di Jalur Puncak Akan Dibuat Permanen

Jika capaian vaksinasi masih rendah, maka menurut Luhut tiga strategi utama tersebut akan ditambahkan dengan pembatasan kegiatan masyarakat seperti implementasi PPKM yang ada saat ini.