Gokil, Honda Jazz GK5 Ini Pakai Mesin Type R

Gokil, Honda Jazz GK5 Ini Pakai Mesin Type R Sumber : kakikereta.com

KabarOto.comModifikasi mobil memang jadi salah satu media eksplorasi asyik jika projek berhasil dilakukan, rasa ingin terus meng-upgrade sesuatu akan selalu ada pada setiap prosesnya. Apa lagi membuat sebuah mobil kecil dengan tenaga biasa saja, menjadi memiliki performa seperti mobil yang berlipat-lipat diatasnya dari segi performa maupun harga.

Mungkin itu yang dirasakan oleh pemilik Honda Jazz GK5 asal Malaysia ini, dengan mengganti mesin asli mobil Jazz miliknya menggunakan mesin Honda Civic Type R K20.

Tampilan sudah diubah sedemikian rupa dengan tema street racing.

Dari eksterior mobil ini memang sudah terlihat garang, tampilannya makin gahar berkat penggunaan lips modulo, diffuser belakang karbon, serta spoiler GT karbon dengan tambahan dudukan baru. Sementara itu, sistem penerangan diganti dengan kepunyaan Honda Fit yang sudah projektor, namun foglamp harus ditinggalkan demi terpasangnya air scoop dan juga tempat open filter mendapat udara.

Baca juga : Modifikasi Klimis Nan Kencang Honda Civic Nouva Ini Layak Jadi Panutan

Yang menarik dari mobil ini ada dibalik kap mesinnya, karena sudah menggunakan mesin K20 kepunyaan Civic Type R. Mesin ini tidak dibiarkan standar begitu saja oleh pemiliknya.

Namun untuk memasukkan mesin Civic Type R (K20) perlu beberapa penyesuaian, karena itu dipilihlah mounting Hasport sebagai dudukannya.

Baca juga : Honda Civic Type-R EK9 Ini Jadi Mobil Langka Di Indonesia

Demi mengeluarkan potensi maksimal mesin Civic Type R ini, digunakan blok dari K24A, yang dibarengi dengan piston Supertech, conrod CP Carillo, camshaft Skunk2 Stage 3, serta tentunya mesin sudah porting polish. Lebihnya, agar mesin kencang tersebut mendapat suplai udara segar lebih, makanya filter Skunk2 dipasang pada lubang foglamp tadi.

Fuel rail menggunakan merek K-Tuned dan injector Grams Performance.

Agar pasokan bbm tidak kurang ke ruang mesin, ada fuel rail dari K-Tuned dan injector yang mampu menyemprotkan 550 cc dari Grams Performance. Otak dari mobil ini juga turut diganti dengan ECU Hondata K-Pro agar kinerja tetap berjalan baik.

Masalah tenaganya tentu sudah tidak diragukan lagi, untuk versi standar Civic Type R saja sudah bisa memuntahkan 200 dk, sementara mesin hasil upgrade di Jazz ini tenaganya sudah mencapai 285 dk, dengan bodi yang lebih kecil dan performa lebih gahar mobil ini pastinya akan sangat kencang.

Pelek menggunakan model CE28 16 inci, dengan ban Toyo Tires R888R.

Untuk sektor kaki-kaki, menggunakan pelek Volk Rays CE28 16 inci asli Jepang, dengan balutan ban Toyo Tires R888R ukuran 195/50 R16. Tenaga besar tentunya harus didukung sistem pengereman yang mumpuni karena itu diaplikasikan BBK AP Racing Pro 5000R warna abu-abu senada dengan pelek.

Isi kabin mobil ini juga kental dengan aura street racing. Aksesoris berbau racing menghiasi bagian kabin seperti setir dari Personal, boss kit merek Works Bell, short throw shifter K-Tuned, jok bucket seat Recaro SR6, tachometer Defi, serta tempat headunit harus rela berbagi dengan gauges 3 in 1 dari Defi. Lalu untuk AC, headunit single din Alpine, dan audio masih bisa berjalan normal sebagai penambah kenyamanan saat berkendara.

Bagaimana menurut kalian? Bisa jadi referensi para modifikator Indonesia juga nih.