Gokil Mini Cooper Klasik Tapi Gahar

Gokil Mini Cooper Klasik Tapi Gahar Sumber : Hoonigan AutoFocus

KabarOto.com – Apa kalian pernah tahu kendaraan Mini yang digunakan oleh karakter Mr.Bean? Kendaraan tersebut adalah sebuah Mini MK II yang sejatinya mobil tersebut memang sebuah kendaraan yang digunakan untuk berkendara santai dan tidak bukannya kebut-kebutan.

Sedikit sejarah Mini, versi pertama dari Mini awalnya dibuat oleh pabrik BMC atau British Motor Company, pada tahun 1959.

Mini sendiri dirancang oleh orang bernama Sir Alec Issigonis, yang berhasil memaksimalkan keluasan kabin dari bodi sangat kecil. Mini juga memanfaatkan ruang mesin yang sangat kecil dan tentunya berpenggerak roda depan sehingga tidak memerlukan drive shaft.

Baca juga: Honda Civic Estilo Milik Juragan Alat Tulis Ini Bisa Tebas Supercar!

Namun sepertinya hal tersebut sudah tidak berlaku untuk Mini satu ini nih, kondratnya sebagai mobil berpenampilan imut dihapus oleh mesin LS yang menjulang keluar dari bagian ruang mesinnya.

Baca Juga : Mini Cooper SE, Mobil Listrik Mini Akhirnya Rilis

Hal ini dilakukan oleh pria asal Kanada, bernama Dario Gaiga. Konsep awal terbentuknya Mini mesin LS berawal dari percobaan pria berbadan besar dengan tinggi 2 meter tersebut menggunaan mobil kecil namun kencang.

Modifikasi ekstreme ini menggunakan basis Austin Mini tahun 1977, meliputi hampir keseluruhan bagian dari Mini tersebut, misalnya bagian bodi ada yang direstorasi ulang, engine mounting juga disesuaikan agar lebih kuat saat menopang mesin V8-nya, lalu bagian interior hampir semua dilucuti demi mendapat bobot lebih ringan.

Untuk bagian eksteriornya, sebenarnya konsepnya bukan sebuah mobil clean, contohnya adalah ada beberapa bagian part body sudah berkarat seperti bumper depan dan belakang, sela-sela ruang mesin, dan sebagainya. peleknya juga bukan menggunakan aftermarket mahal seperti kebanyakan modifikator, melainkan menggunakan pelek kaleng biasa.

Baca Juga : Rayakan 60 Tahun Di GIIAS 2019, Mini Tampilkan Edisi Khusus Dan Promo Menarik

Hanya saja untuk bagi Dario mungkin hal itu tidaklah terlalu penting, yang penting mungkin mesin LS dengan tenaga besarnya tersebut bisa menempel sempurna pada tubuh kecil Mini-nya. Umumnya mesin V8 seperti ini bisa kita temui pada mobil yang ukurannya jauh lebih besar.

Berkapasitas 4.800 cc, mesinnya juga sudah sedikit dimodifikasi, seperti mengunnakan Holley EFI Lower Intake, lalu terdapat sebuah kotak surat untuk dijadikan airscoop pemasok udara ke mesin, serta Turbo 350 Autumm, dan transmisi otomatis 3 percepatan. Mesin tersebut sanggup memuntahkan tenaga maksimal sekitar 600 dk dengan bahan bakar metanol.

Oh iya, penggeraknya juga sudah diubah menjadi penggerak roda belakang, sehingga bisa digunakan untuk drifting juga loh. Soal bobot mobil ini, diperkirakan hanya mencapai 680 kg, jauh lebih ringan ketimbang mobil-mobil kecil zaman sekarang. Unik banget yah sob modifikasinya.

Lalu mengintip bagian interior, banyak sisi kabin sudah dilucuti demi mereduksi beratnya agar makin ringan, misalnya saja kita tidak bisa menemui panel canggih seperti sekarang, tidak ada AC, head unit, spidometer dan sebagainya. Murni hanya setir racing lengkap quick release, jok dan tuas transmisi.

Namun uniknya adalah, terdapat gauges yang menunjukkan boost dan sebagainya justru di bagian depan dekat ruang mesin.

Baca juga: Selebgram Modifikasi Toyota 86 Stance Kembali Tampil