POPULAR STORIES

Hadirkan Inovasi, Ban Hankook Terima 3 Penghargaan Tahun Ini

Hadirkan Inovasi, Ban Hankook Terima 3 Penghargaan Tahun Ini Hankook

KabarOto.com - Perusahaan ban global Hankook Tire & Technology masuk sebagai finalis dalam kategori Automotive and Transportation di International Design Excellence Awards (IDEA) 2021, berkat inovasi mereka yang bertajuk ‘Hankook Platform System (CPS)-Cell’.

HPS-Cell merupakan platform modular yang terbuat dari ban, yang merupakan fondasi dari kendaraan. Inovasi ini diusulkan dalam Hankook Tire’s Design Innovation, sebuah proyek riset kota pintar dan mobilitas masa depan.

Penghargaan IDEA diinisiasi oleh Industrial Designers Society of America (IDSA) dan merupakan salah satu dari tiga ajang penghargaan desain internasional, bersama dengan Red Dot Design Award dan iF Design Award. Desain terbaik dipilih setiap tahunnya melalui evaluasi lengkap dengan berbagai kriteria penilaian termasuk inovasi desain, pengalaman pengguna, dan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Perpanjang Usia Pakai, Hankook Luncurkan Ban AH51 Dan DH51

Ban dari HPS-Cell merupakan ban tanpa udara yang menggunakan struktur unit-cell. HPS-Cell menggunakan teknologi sensor yang tidak hanya memungkinkan mengenali tapak ban dan keadaan jalan secara langsung tapi juga merespon risiko keausan dan perubahan pola tapak ban sesuai dengan kondisi jalan dengan adanya roda variabel dan kerangka yang telah dioptimalkan. Semuanya diaplikasikan bersama dengan ‘Hankook Innovative Performance (H.I.P)’ yang mana merepresentasikan teknologi terobosan Hankook.

HPS-Cell diperkenalkan November tahun lalu sebagai hasil dari proyek Design Innovation 2020. Masuk ke dalam tema ‘Urban Reshaping’, proyek tersebut memvisualisasikan transformasi kota-kota yang digerakan oleh mobilitas yang dikonfigurasi ulang sebagai bagian dari tempat tinggal daripada satu kendaraan di masa depan di mana infrastruktur augmented automation dan teknologi canggih seperti teknologi ramah lingkungan, setir otomatis, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) (AI) digunakan.

Baca Juga: Hankook Gandeng YASE Bikin 5 Sepatu Dari Daur Ulang Ban

Pencapaian ini menjadikan Hankook Tire sebagai pemenang dalam tiga ajang penghargaan tahun ini. Inovasi HPS-Cell memenangkan ‘Red Dot’ di kategori Mobility and Transportation pada Red Dot Design Award: Design Concept 2021 di bulan Juli dan juga menjadi juara di iF Design Award 2021 untuk kategori Professional Concept di bulan April.

“Ke depannya, kami berencana mengeksplorasi desain inovatif dengan berinvestasi pada riset dan pengembangan, juga proyek kolaborasi untuk menjadi yang terdepan dalam kendaraan masa depan,” ujar Jimmy Kwon, wakil presiden dari Brand Lab Hankook Tire.